Bansos BPNT 2024 Sebenarnya Cair Kapan? Simak Cara Cek Penerimanya di Sini

- 18 Januari 2024, 21:48 WIB
Hasil Pengecekan Saldo Bansos PKH dan BPNT Tahap 1 Tahun 2024.
Hasil Pengecekan Saldo Bansos PKH dan BPNT Tahap 1 Tahun 2024. /

PR TASIKMALAYA - Program bantuan sosial (bansos) berupa Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dipastikan masih akan tetap berlanjut di tahun 2024. Seperti biasa dengan sasaran utama pemberian pada masyarakat dalam kategori rentan miskin.

Pada tahun 2024 sendiri, bansos BPNT masih akan segera cair bahkan sejak awal tahun. Dengan besaran yang ditentukan oleh pemerintah, masyarakat dapat mencairkannya di setiap tahap yang disediakan.

Perlu diketahui, bansos BPNT 2024 juga masih merupakan program pemerintah yang dicanangkan untuk upaya mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Adapun tujuan utama dari program ini adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, terdapat syarat utama yang diperlukan agar masyarakat dapat menerima bantuan. Dalam hal ini, masyarakat sudah harus terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca Juga: BPNT 2024 Cair Rp200.000, Segera Cek Penerima Bantuan dan Ketahui Ketentuan Pencairannya

Menariknya, jika telah dinyatakan terdaftar dalam KPM, masyarakat berkesampatan untuk mendapatkan 3 program bansos sekaligus. Diantaranya adalah bansos Program Keluarga Harapan (PKH), bansos BPNT, dan bansos beras 10 kg setiap bulan.

Untuk penyalurannya, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya masih akan dibagi dalam beberapa tahapan pada satu tahun kalender. Dimana untuk tahap I akan berlangsung sejak Januari sampai dengan Maret 2024.

Meski demikian, bagi masyarakat yang telah terdaftar sebagai KPM dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, masih harus terus memeriksanya secara rutin untuk memastikan.

Sebab dalam hal ini, dilansir dari laman portal Indonesia, Kamis, 18 Januari 2024, pencairan bansos BPNT 2024 ini dapat dipastikan akan mulai cair pada Februari 2024 mendatang.

Halaman:

Editor: Thytha Surya Swastika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x