PKH Tahap 1 Siap Cair! Cek Nama Penerima Bansos 2024 Hanya Pakai HP dan KTP

- 1 Januari 2024, 22:00 WIB
Ilustrasi penerima PKH tahap 1 di tahun 2024.
Ilustrasi penerima PKH tahap 1 di tahun 2024. /ANTARA.

PR TASIKMALAYA - Kementerian Sosial (Kemensos) memasuki tahun 2024 akan kembali menyedian program bantuan sosial (bansos) untuk membantu masyarakat miskin yang membutuhkan. Bansos berupa uang akan disalurkan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) untuk periode tahap 1. 

Lantas kapan PKH tahap 1 cair? dan bagaimana cara cek nama penerima bansos 2024 tersebut? simak jawabannya dengan membaca artikel ini sampai selesai. Sebab akan ada informasi lengkap terkait jadwal pencairan hingga daftar nama penerimanya. 

Pengecekkan nama penerima PKH tahap 1 tersebut bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan memanfaatkan handphone (HP) dan kuota serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai rujukan data. 

Kemudian link yang digunakan juga merupakan laman resmi dari Kemensos yakni cekbansos.kemensos.go.id, yang dijamin aman saat mengaksesnya dan tidak akan terjadi kebocoran data. 

Baca Juga: Jadwal Pencairan Bansos Kemensos 2024, Ada PKH dan BPNT yang Cair hingga Rp3 Juta

Kapan PKH tahap 1 2024 Cair? 

Jika berkaca pada kebijakan tahun 2023 lalu, Kemensos akan mulai menyalurkan PKH tahap 1 pada bulan Januari, Februari atau Maret 2024. Pencairan tersebut akan berlangsung di antara salah satu bulan itu.

Lalu besaran bansos PKH tahap 1 tersebut akan menyesuaikan dengan kategori penerima yang berlaku. Mengingat sejumlah kategori yang berhak mendapat bansos ini adalah ibu hamil atau nifas, anak usia dini 0-6 tahun, anak sekolah dari SD-SMA, penyandang disabilitas berat dan lanjut usia (lansia). 

Sementara itu, terkait tanggal pencairan, Kemensos akan mengumumkannya melalui surat undangan atau melalui pendamping PKH. Lalu bagaimana cara mengetahui sudah terdaftar atau belum sebagai penerima PKH tahap 1 tahun 2024? 

Cek Nama Penerima PKH 2024

Pengecekkan nama penerima PKH 2024 itu sendiri bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi kini Kemensos telah menyediakan laman resmi yang memudahkan masyarakat mengecek daftar penerima bantuan. 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah