Cair Rp400 Ribu, Cara Dapat BLT El Nino dari Jokowi pada November dan Desember

- 10 November 2023, 07:34 WIB
Ilustrasi uang rupiah.
Ilustrasi uang rupiah. /Antara/Reno Esnir/

PR TASIKMALAYA - Pemerintah Indonesia berupaya untuk memberikan bantuan sosial (bansos) untuk membantu keluarga-keluarga penerima manfaat, terutama di masa-masa sulit seperti dampak dari El Nino.

El Nino, fenomena alam yang dapat mengakibatkan cuaca ekstrem, termasuk kekeringan, telah mempengaruhi produktivitas pertanian dan membuat harga bahan pangan naik. Akibatnya, kelompok masyarakat rentan dan miskin menghadapi kesulitan ekonomi yang lebih besar.

Sebagai respon atas situasi ini, pemerintah telah mengumumkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino. Bansos ini akan memberikan bantuan berupa uang Rp400 ribu untuk jutaan keluarga penerima manfaat (KPM).

Siapa yang Berhak Menerima BLT El Nino?

Baca Juga: Tingkatkan Peluang Mendapatkan Bantuan Permodalan dari KUR Syariah Pegadaian 2023 untuk Pelaku Usaha dan UMKM

BLT El Nino akan diberikan kepada sekitar 18,8 juta keluarga penerima manfaat yang sudah terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Bantuan ini berupa uang tunai sebesar Rp400 ribu per keluarga.

Penerima BLT akan mendapatkan Rp200 ribu per bulan. Pencairan bantuan akan dilakukan secara bertahap selama dua bulan yakni November dan Desember 2023.

Namun, penting untuk diingat bahwa BLT El Nino hanya ditujukan untuk masyarakat yang memang kurang mampu dan terdampak oleh El Nino. Masyarakat yang memenuhi syarat ini harus sudah terdaftar dalam DTKS Kemensos.

Bagaimana Cara Mendaftar untuk Mendapatkan BLT El Nino?

Baca Juga: Apa Saja Syarat KUR BRI di November 2023? Ketahui dengan Lengkap di Sini

Untuk masyarakat yang memenuhi syarat dan telah terdaftar dalam DTKS, tidak perlu khawatir. Pemerintah desa atau Dinas Sosial setempat akan melakukan pendataan untuk menentukan siapa yang berhak menerima BLT El Nino.

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah