Cara Daftar BLT El Nino, Cair Rp400 Ribu dari Pemerintah untuk Jutaan Keluarga Penerima Manfaat

- 9 November 2023, 19:09 WIB
Ilustrasi uang rupiah.
Ilustrasi uang rupiah. /Unsplash/Mufid Majnun

PR TASIKMALAYA – Pemerintah kembali memberikan bantuan sosial (bansos) terbaru sebagai respons atas dampak dari El Nino, fenomena alam yang menyebabkan kekeringan atau cuaca ekstrem.

Kekeringan yang disebabkan oleh El Nino membuat produktivitas panen terganggu sehingga harga bahan pangan naik dan semakin membuat daya beli masyarakat kategori rentan dan miskin, menjadi rendah.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino akan diterima oleh sekitar 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang sudah terdata di DTKS dengan total bantuan Rp400 ribu.

Baca Juga: Pinjaman KUR Syariah Pegadaian untuk Modal UMKM, Simak Syarat Pengajuan di SINI

Uang yang diterima masyarakat dari BLT El Nino adalah Rp200 ribu per bulan dengan total anggaran yang digelontorkan total Rp7,520 triliun. Pencairannya dilakukan bertahap pada bulan November dan Desember 2023.

Cara mendapatkan bansos BLT El Nino

Tidak semua masyarakat mendapatkan bansos terbaru dari pemerintah karena bantuan ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu, serta terdampak El Nino.

Masyarakat juga harus sudah terdaftar ke dalam DTKS Kemensos agar dapat diajukan sebagai penerima bansos dari pemerintah.

Baca Juga: Pemilik UMKM Butuh KUR Mikro Anti Riba? Coba Ajukan ke BSI dengan Cara Ini!

Untuk masyarakat yang datanya sudah masuk ke dalam DTKS maka tak perlu kahawatir karena pemerintah desa/Dinsos akan melakukan pendataan mana warga yang berhak menerima BLT El Nino.

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah