Bansos BLT El Nino Cair Rp200 Ribu pada November 2023, Cek Nama Anda Sekarang

- 3 November 2023, 19:27 WIB
Ilustrasi uang Rp100 ribuan
Ilustrasi uang Rp100 ribuan /Kang Herman/Netizen PRFM

PR TASIKMALAYA - Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah penting untuk membantu masyarakat yang terdampak fenomena El Nino melalui program Bansos BLT El Nino.

BLT El Nino adalah bantuan langsung tunai ratusan ribu yang ditujukan kepada keluarga tak mampu yang merasakan dampak dari El Nino, fenomena alam yang dapat mempengaruhi kondisi iklim dan cuaca di Indonesia.

Program bansos baru ini bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat selama dua bulan, yaitu November dan Desember 2023.

"Karena ada super El Nino, dan jangan sampai hal itu mengurangi daya beli masyarakat maka pemerintah juga akan mengeluarkan BLT El Nino," kata Presiden Jokowi pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Baca Juga: Tak Perlu Bingung! Panduan Syarat Lengkap Pinjaman KUR BRI November 2023

Manfaat BLT El Nino

Bansos BLT El Nino memberikan bantuan sebesar Rp 400.000 untuk tiap keluarga penerima manfaat selama dua bulan, dengan penyaluran yang dibagi menjadi dua tahap yakni Rp200 ribu pada November dan Rp200 ribu pada Desember.

Bantuan ini diharapkan dapat memberikan sedikit kelonggaran keuangan bagi keluarga yang terdampak, membantu mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menjaga daya beli masyarakat di tengah kondisi cuaca yang ekstrem.

Syarat Penerima BLT El Nino

Namun, penting untuk dicatat bahwa bantuan ini tidak akan diberikan kepada semua masyarakat. Program BLT El Nino hanya ditujukan kepada keluarga yang dianggap sebagai keluarga tak mampu yang paling terdampak oleh fenomena El Nino.

Cara menentukan status penerima BLT El Nino adalah melalui laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos) atau Aplikasi Cek Bansos. Untuk mengecek apakah Anda atau keluarga memenuhi syarat sebagai penerima BLT El Nino, ikuti langkah-langkah berikut:

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x