Tips Bijak dalam Mengambil Pinjaman KUR: Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan

- 4 Maret 2023, 15:11 WIB
Ilustrasi tabel pinjaman KUR Mandiri.
Ilustrasi tabel pinjaman KUR Mandiri. /

PR TASIKMALAYA - Pinjaman KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah program kredit yang disediakan oleh pemerintah untuk membantu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam memperoleh modal usaha.

Pinjaman KUR ditawarkan oleh bank-bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah, dan bunganya cukup rendah jika dibandingkan dengan pinjaman bisnis biasa.

Namun, sebelum mengambil pinjaman KUR, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan agar keputusan yang diambil benar-benar bijak dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Tujuan Pinjaman

Baca Juga: Daftar Lagu Konser NCT DREAM 'The Dream Show 2: In A Dream' Jakarta Hari Ini, NCTZen Siap-siap Bergoyang

Sebelum mengambil pinjaman KUR, tentukan terlebih dahulu tujuan penggunaan dana tersebut. Apakah untuk modal usaha, pengembangan usaha, investasi, atau keperluan lainnya.

Menentukan tujuan pinjaman yang jelas akan membantu menghindari penyalahgunaan dana dan membantu fokus pada pengembangan usaha.

Selain itu, dengan menentukan tujuan pinjaman yang jelas, pembayaran cicilan juga dapat direncanakan dengan lebih matang.

Kemampuan Keuangan

Baca Juga: Jadwal Tayang, Spoiler dan Link Nonton Taxi Driver Season 2 Episode 6

Hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil pinjaman KUR adalah kemampuan keuangan. Pastikan bahwa Anda benar-benar mampu membayar cicilan pinjaman setiap bulannya. Untuk memastikan kemampuan keuangan, lakukan perencanaan keuangan yang matang.

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x