Jelang Lebaran 2023, Pemerintah Lakukan Upaya Antisipasi Inflasi Beras

- 1 Maret 2023, 12:30 WIB
Ilustrasi beras.
Ilustrasi beras. /Pixabay/ allybally4b/

PR TASIKMALAYA – Hari Raya atau Lebaran 2023 akan jatuh pada bulan April 2023. Jelang prayaan hari besar umat Islam, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat turut mempersiapkan hal tersebut di segala bidang atau sektor.

Menjelang Lebaran 2023, upaya yang telah disiapkan pemerintah dalam sektor perhubungan dilakukan oleh Kementrian Perhubungan atau Kemenhub. Kemenhub telah melakukan beberapa upaya terkait penyediaan angkutan transportasi mudik lebaran.

Persiapan lainnya juga dilakukan pemerintah pada sektor pangan. Pada sektor ini, kenaikan harga bahan pokok sering menjadi masalah menjelang momen Lebaran 2023, terutama harga beras. Maka dari itu diperlukan upaya agar harga beras tidak melonjak.

Terkait hal tersebut, pemerintah melalui Badan Pangan Nasional dan Kementrian atau Lembaga terkait lainnya mulai melakukan upaya antisipasi inflasi beras menjelang Lebaran 2023.

Baca Juga: Jinny's Kitchen yang Dibintangi V BTS hingga Park Seo Joon Tayang Setiap Hari Apa? Cek Jadwal dan Link Nonton

Dilansir PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari Antara, upaya ini dilakukan untuk mencegah naiknya harga beras serta menjaga agar harga beras tetap terkendali menuju momen Lebaran 2023.

Selain itu, Deputi Bidang Kerawanan Pangan Badan Pangan Nasional, Nyoto Suwigno, menyampaikan bahwa pemerintah membutuhkan dukungan berbagai pihak terkait hal ini.

“Kami membutuhkan dukungan untuk mengantisipasi situasi menjelang hari besar keagamaan nasional. Upaya-upaya ini mohon dilanjutkan denganperhatian khusus oleh seluruh kepala daerah,” katanya dilansir dari Antara pada 1 Maret 2023.

Adapun upaya pemerintah untuk mengantisipasi inflasi beras jelang Lebaran 2023 ini didasarkan pada data yang dimiliki Badan Pangan Nasional. Berdasarkan data yang ada, pemerintah menimbang beberapa hal termasuk kebijakan untuk mengimpor bahan pangan pokok masyarakat Indonesia ini.

Halaman:

Editor: Thytha Surya Swastika

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x