Berharap Indonesia Akan Hentikan Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara, Sri Mulyani: Kita Butuh Bantuan

- 3 November 2021, 14:25 WIB
Sri Mulyani sebut Indonesia dapat mengganti batu bara untuk energi pembangkit listrik pada tahun 2040 dengan bantuan keuangan.
Sri Mulyani sebut Indonesia dapat mengganti batu bara untuk energi pembangkit listrik pada tahun 2040 dengan bantuan keuangan. /Dok.foto/Humas Setkab

PR TASIKMALAYA – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa Indonesia dapat menghentikan pembangkit listrik tenaga batu bara secara bertahap pada tahun 2040, jika mendapat bantuan keuangan.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari laman Reuters, kepulauan Asia Tenggara adalah negara terpadat keempat di dunia dan penghasil gas rumah kaca terbesar kedelapan dengan batu bara menyumbang sekitar 65% dari bauran energinya.

Sri Mulyani Indrawati mengatakan kepada Reuters selama kunjungannya ke kota Glasgow di Skotlandia untuk konferensi COP26 bahwa Indonesia akan mengumumkan rencana terperinci untuk beralih dari pembangkit listrik tenaga batu bara ke energi yang lebih bersih.

Baca Juga: Gadis 7 Tahun Meninggal Dunia Akibat Cedera Lutut dan Bibir Menjadi Ungu

Masalah utama yang dihadapi Indonesia saat ini mengenai batu bara. 

Sebelumnya Indonesia mengatakan pihaknya berencana untuk menghentikan penggunaan batu bara untuk listrik pada tahun 2056,. 

Hal merupakan bagian dari rencana untuk mencapai emisi nol karbon bersih pada tahun 2060 atau lebih awal.

Baca Juga: Sebut Senyum Kiano Menular, Paula Verhoeven Bagikan Potret sang Anak Hingga Buat Netizen Gemas

“Kalau kita mau maju sampai 2040, maka kita perlu dana untuk pensiunkan batu bara lebih awal dan untuk membangun kapasitas baru energi terbarukan,” tutur Sri Mulyani.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x