Mitos atau Fakta: Benarkah Es Batu Dipercaya Ampuh Mengecilkan Pori-pori?

- 18 Oktober 2020, 06:50 WIB
Ilustrasi es batu.* /

PR TASIKMALAYA – Ukuran pori-pori wajah yang besar merupakan masalah serius bagi wanita. Berbagai cara dilakukan oleh kaum wanita agar pori-pori dapat menegcil.

Di antara cara yang banyak dipercaya untuk mengecilkan pori adalah dengan menggunakan es batu. Namun, apakah informasi itu benar atau hanya sekadar mitos?

Dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK mengatakan, air hangat dan es batu membantu dalam melebarkan dan mengecilkan pori hanya untuk sesaat saja.

Baca Juga: Berhasil Menang Pemilu Selandia Baru, PM Jacinda Ardern : Perubahan Bersejarah

Pada dasarnya, saat kulit terkena sesuatu yang dingin akan menggelembung dan merapat.

Menurutnya, es batu apabila digunakan saat itu juga tentu akan mengkerut dan apabila dipegang seperti kebal. Saat itu memang mengecil tapi efek jangka panjang tidak ada.

Ia melanjutkan, jika air hangat untuk melebarkan, sedangkan air dingin itu mengkerut sehingga ketika seseorang facial berada diuap panas, jadi pori-pori lebih membuka dan kalau dikasih es bisa menutup.

Baca Juga: Jokowi Ajak Warga Gunakan Masker, Ernest Prakasa: Terlambat Enam Bulan Pak

Dr. Dewi mengatakan, tidak ada benefit yang bisa didapatkan dari es batu untuk membantu mengecilkan pori, yang harus dilakukan adalah dengan melakukan berbagai perawatan dan secara terus-menerus.

Ia menjelaskan terkait penggunaan es untuk wajah, tidak ada benefit secara langsung. Namun ada benarnya, tapi mengenai manfaat tidak tepat.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X