Cara Mudah Cek Penerima BLT El Nino Desember 2023, Cukup Lewat HP

- 29 November 2023, 21:40 WIB
Ilustrasi uang.
Ilustrasi uang. /Pixabay/EmAji

PR TASIKMALAYA - Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menyalurkan bantuan sosial (bansos) yang baru pada bulan November dan Desember untuk merespons dampak fenomena alam El Nino. Cari tahu cara mudah cek penerima BLT El Nino Desember 2023!

BLT El Nino atau bansos baru akan disalurkan pemerintah dengan nilai Rp400 ribu untuk dua bulan atau Rp200 ribu per bulan. Penyaluran yang sebelumnya direncanakan dua kali, kini hanya satu kali saja menurut Kemenkeu.

Jadi, masyarakat akan langsung mendapatkan bansos Rp400 ribu dalam sekali penyaluran. Namun, kapan sebetulnya penyaluran dilakukan?

Pemerintah tidak merinci kapan dana bantuan ini disalurkan. Masyarakat dapat mengharapkan BLT El Nino dicairkan pada bulan Desember 2023.

Baca Juga: BLT El Nino Cair Desember 2023? Cek Jadwal Penyaluran dan Nama Penerima

Mengapa BLT El Nino Diperlukan?

BLT El Nino merupakan inisiatif pemerintah dalam mengatasi dampak dari fenomena alam yang berpengaruh terhadap harga bahan pangan. Sebagai respons cepat, bantuan tunai senilai Rp400 ribu akan diberikan kepada masyarakat yang memenuhi syarat sebagai bentuk dukungan dan perlindungan sosial.

Pengecekan Status Penerimaan Secara Online

Dalam upaya mempermudah masyarakat untuk mengetahui apakah kamu termasuk dalam daftar penerima BLT El Nino Desember 2023, pemerintah menyediakan dua opsi pengecekan yang dapat dilakukan melalui HP, yaitu melalui portal resmi cekbansos.kemensos.go.id dan menggunakan aplikasi "Cek Bansos".

Baca Juga: Mau Pinjaman Tanpa Agunan? Pelajari Tabel KUR BRI 100 Juta, Syarat, dan Ketentuannya

Langkah-langkah Pengecekan Melalui Portal Resmi:

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah