Dijamin Mudah! Cek Bantuan BPNT dan BLT El Nino 2023 Lewat HP Sekarang

- 14 November 2023, 08:42 WIB
Ilustrasi BLT El Nino dan BPNT Kartu Sembako.
Ilustrasi BLT El Nino dan BPNT Kartu Sembako. /Pexels/Ahsanjaya

PR TASIKMALAYA - BLT El Nino dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) masih menjadi dua bantuan sosial (bansos) yang disalurkan oleh pemerintah di akhir tahun 2023 ini. 

BLT El Nino dan BPNT merupakan dua bansos yang sama-sama diberikan untuk masyarakat yang termasuk dalam kriteria keluarga miskin atau rentan miskin. 

Kedua bansos tersebut akan didistribusikan kepada keluarga yang datanya terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan hal itu bisa diketahui dengan melakukan pengecekkan secara online.

Simak informasi cara cek bantuan BPNT dan BLT El Nino secara online hanya dengan menggunakan handphone (HP) di laman resmi cekbansos.kemensos.go.id. 

Baca Juga: Dapat Rp400 Ribu dari Pemerintah, Jadwal Penyaluran BLT El Nino Terbaru

Perlu diketahui bahwa BLT El Nino akan disalurkan dalam kurun waktu dua bulan, yaitu pada November dan Desember 2023 dengan besaran Rp200.000 per bulan atau Rp400.000 untuk dua bulan. 

Bansos tersebut diberikan dalam rangka membantu masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok yang harganya meningkat usai terjadi fenomena El Nino.

Sementara itu, BPNT Kartu Sembako merupakan bantuan rutin yang diberikan setiap bulan untuk membantu meringankan beban perekonomian masyarakat kurang mampu dalam membeli keperluan pokok. 

Sama seperti BLT El Nino, BPNT disalurkan sebesar Rp200.000 per bulan untuk satu orang penerima pada keluarga yang terdaftar di DTKS Kemensos. Untuk memastikan sudah terdaftar, bisa dilakukan pengecekkan dengan cara berikut: 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x