Dapat Modal Usaha Anti Ribet, Ini Panduan Lengkap Mengajukan KUR untuk UMKM!

- 30 September 2023, 17:20 WIB
Ilustrasi - KUR memberikan fasilitas kredit atau pembiayaan untuk modal kerja dan investasi, terutama untuk UMKM dan koperasi yang berpotensi produktif.
Ilustrasi - KUR memberikan fasilitas kredit atau pembiayaan untuk modal kerja dan investasi, terutama untuk UMKM dan koperasi yang berpotensi produktif. /Pixabay/Igbalnuril

PR TASIKMALAYA - Di era yang lebih maju, saat ini pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana mengajukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk modal usaha.

Literasi dan inklusi keuangan memegang peran penting dalam pertumbuhan ekonomi, terutama bagi UMKM dan koperasi, yang memiliki peran krusial dalam perekonomian.

Program KUR adalah inisiatif pemerintah untuk membantu UMKM yang sebelumnya menghadapi kesulitan dalam mengakses layanan keuangan atau pembiayaan yang terjamin.

KUR memberikan fasilitas kredit atau pembiayaan untuk modal kerja dan investasi, terutama untuk UMKM dan koperasi yang berpotensi produktif tetapi belum memiliki agunan yang memadai.

Baca Juga: Jadwal Tayang Drama Twinkling Watermelon dan Spoiler Episode 3: Eun Gyeol Bertemu Ayahnya saat Muda

Dalam mengajukan KUR, syarat utama adalah memiliki usaha yang produktif dan layak.

Usaha produktif adalah yang mampu menghasilkan barang atau jasa yang memberikan nilai tambah dan meningkatkan pendapatan pemilik usaha.

Usaha 'layak' adalah yang dapat menghasilkan laba yang cukup untuk membayar bunga atau margin serta melunasi kewajiban pokok kredit atau pembiayaan dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Calon debitur KUR harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan telah menjalankan usaha setidaknya selama 6 bulan.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x