Dokumen Apa Saja yang Harus Disiapkan untuk Pengajuan Pinjaman KUR Syariah? Simak di sini

- 30 September 2023, 06:46 WIB
Ilustrasi dokumen yang dibutuhkan untuk PPG Dalam Jabatan 2023
Ilustrasi dokumen yang dibutuhkan untuk PPG Dalam Jabatan 2023 /Freepik

PR TASIKMALAYA - Simak informasi mengenai berkas dokumen yang harus disiapkan untuk dipenuhi dalam proses pengajuan pinjaman Kredit Usaha Rakyat dari Pegadaian, atau biasa dikenal dengan KUR Syariah.

Sebagai sebuah lembaga jasa keuangan, Pegadaian memberikan layanan bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menjalani usahanya melalui pinjaman KUR Syariah.

Menariknya, pinjaman KUR Syariah memiliki perbedaan dengan bank konvensional lainnya. Dalam hal ini, pada program dari Pegadaian ini layanan diberikan menggunakan prinsip syariah.

Adapun besaran pinjaman KUR Syariah bervariasi, tergantung pada kategori pinjaman yang diajukan. Dari mulai Rp1 juta sampai dengan Rp10 juta.

Baca Juga: Tabel Angsuran KUR Syariah 2023 di Pegadaian: Solusi Modal UMKM yang Ramah

Sebagaimana dalam proses pinjaman dari bank konvensional lainnya. KUR Syariah juga mengharuskan Anda untuk mematuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Adapun syarat dan ketentuan umumnya adalah berusia minimal 17 tahun, usaha yang dijalankan memiliki izin usaha dari pemerintah, usaha juga harus sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, syarat umum lainnya yang harus dipenuhi oleh Pelaku UMKM sebagai nasabah adalah memastikan usaha yang dijalankannya tidak sedang dalam kondisi mendapatkan bantuan atau pembiayaan secara produktif dari pemerintah atau lembaga keuangan lainnya.

Namun, hal yang biasanya dianggap cukup rumit padahal sangat fundamental dalam mengajukan pinjaman adalah berkas dokumen yang diperlukan.

Halaman:

Editor: Thytha Surya Swastika

Sumber: Pegadaian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x