Pinjaman Kredit Tak Diterima Bank karena BI Checking Bermasalah? Berikut Langkah Pemulihannya

- 22 September 2023, 15:38 WIB
CEK! Brosur KUR BRI 2023, Simak Ini Prioritas dan Syarat Pinjaman Kredit Usaha Bunga Rendah Cicilan Ringan
CEK! Brosur KUR BRI 2023, Simak Ini Prioritas dan Syarat Pinjaman Kredit Usaha Bunga Rendah Cicilan Ringan /Erika Giraud/ Unsplash

PR TASIKMALAYA - Agar bisa memperbaiki catatan BI Checking yang bermasalah dan menghindari penolakan saat mengajukan pinjaman ke bank, proses pemutihan BI Checking menjadi sangat penting.

BI Checking, yang juga dikenal sebagai Informasi Debitur Individual (IDI) Historis, mencatat seluruh riwayat pembayaran kredit seseorang serta tingkat kolektibilitasnya.

Ketika seseorang mengajukan pinjaman, seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), atau kartu kredit, bank dan lembaga keuangan menggunakan BI Checking sebagai salah satu faktor penilaian.

BI Checking sebelumnya merupakan bagian dari Sistem Informasi Debitur (SID), yang memungkinkan pertukaran informasi kredit nasabah antar-bank dan lembaga keuangan.

Baca Juga: Sebelum Ajukan Pinjaman Kredit Bank, Coba Lihat BI Checking Anda dengan Cara Ini

Informasi yang tercatat mencakup identitas debitur, jumlah pembiayaan, riwayat pembayaran, serta catatan kredit macet. Semua bank dan lembaga keuangan yang terdaftar dalam Biro Informasi Kredit (BIK) dapat mengakses informasi ini.

Namun, SID telah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), dimana layanan informasi riwayat kredit dikenal sebagai layanan informasi debitur (iDEB).

Di dalam SLIK, bank dan lembaga keuangan wajib melaporkan data debitur mereka, dan setiap nasabah yang mengajukan kredit akan diberikan skor berdasarkan riwayat kreditnya.

Skor ini berkisar antara 1 hingga 5, dengan masing-masing memiliki makna yang berbeda. Skor 1 menunjukkan bahwa kredit lancar dengan pembayaran cicilan yang tepat waktu, sedangkan skor 5 menunjukkan kredit macet dengan tunggakan cicilan lebih dari 180 hari.

Halaman:

Editor: Thytha Surya Swastika

Sumber: CIMB Niaga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x