Bantuan Uang Cair Rp900 bagi Anak SD Lewat ATM, Cek Penyaluran PKH Agustus 2023

- 14 Agustus 2023, 08:36 WIB
Ilustrasi penerima bansos anak sekolah
Ilustrasi penerima bansos anak sekolah /Dhad Zakaria/Antara/

PR TASIKMALAYA - Berita baik bagi masyarakat yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 3. Pemerintah bakal mencairakan bantuan senilai Rp900 ribu untuk kategori anak sekolah SD.

Bagi yang memenuhi kriteria, segera periksa nama dalam daftar penerima yang diumumkan melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

PKH Tahap 3 merupakan bagian dari program bantuan sosial yang memberikan dukungan kepada keluarga yang memerlukan, baik dalam pendidikan maupun sosial lainnya.

Penyaluran bantuan tahap 3 akan dilakukan pada bulan Juli, Agustus, dan September. Namun, pencairan hanya berlaku bagi pemilik Kartu Tanda Penduduk (KTP) tertentu yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga: Self Improvement: Perfeksionis atau Terlalu Khawatir? Sifat Jelek Terlihat Lewat Pilihan Gambar

Proses penyaluran bantuan akan dilakukan melalui rekening Himbara atau PT Pos Indonesia, yang ditujukan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah terdata. Bantuan ini diberikan kepada keluarga miskin dengan anggota keluarga tidak lebih dari empat orang, sesuai dengan kriteria penerima.

Nilai bantuan senilai Rp900 ribu (untuk 1 tahun) akan diberikan kepada anak sekolah SD yang masuk dalam KPM yang tercatat sebagai penerima PKH. Selain anak SD, anggota keluarga lain yang memenuhi kriteria tertentu juga berhak menerima bantuan, termasuk ibu hamil/balita, lansia, dan individu dengan disabilitas.

Penerima bantuan PKH tahap 3 adalah masyarakat yang memenuhi ciri-ciri khusus. Ciri-ciri penerima meliputi status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki kondisi ekonomi yang miskin atau rentan miskin, dan bukan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, atau Polri.

Selain itu, pemilik KTP harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan belum pernah menerima bantuan sosial lainnya.

Baca Juga: ALHAMDULILAH! Bansos BPNT Tahap 4 Agustus 2023 Cair, Cek Penerimanya di Sini

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x