Cek Bansos Kemensos 2023 Lewat HP Hanya Pakai KTP

- 12 Mei 2023, 19:29 WIB
Ilustrasi - Segera cek bansos Kemensos 2023 lewat HP pakai KTP untuk dapat bantuan PKH atau BPNT Kartu Sembako.
Ilustrasi - Segera cek bansos Kemensos 2023 lewat HP pakai KTP untuk dapat bantuan PKH atau BPNT Kartu Sembako. /ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/

PR TASIKMALAYA - Kementerian Sosial (Kemensos) saat ini mulai kembali menggulirkan beberapa bantuan sosial (bansos) kepada keluarga miskin yang memenuhi syarat untuk bulan Mei 2023. 

Dua di antaranya adalah bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako yang nominalnya mencapai Rp750.000. Kedua bansos ini diberikan kepada keluarga yang sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Data DTKS ini dapat diketahui apabila masyarakat melakukan pengecekkan penerima bansos secara online melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih jauh terkait cara cek bansos Kemensos 2023. 

Pengecekkan bansos Kemensos 2023 ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan handphone (HP) dan masyarakat hanya perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai rujukan data. 

Baca Juga: Bansos PKH Tahap 2 2023 Kapan Cair? Simak Jawaban dan Cek Penerimanya di Sini

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bansos yang saat ini sedang disalurkan oleh pemerintah adalah PKH tahap 2 dan BPNT Kartu Sembako. Kedua bantuan ini sama-sama diberikan kepada keluarga miskin atau rentan miskin. 

Perbedaannya, bansos PKH memiliki kategori khusus dari mulai ibu hamil, anak sekolah hingga lanjut usia (lansia) dan masing-masing mendapat besaran bantuan yang berbeda. Sedangkan BPNT Kartu Sembako diberikan secara umum kepada keluarga miskin dengan besaran Rp200.000 per bulan. 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x