Dahsyatnya Tanaman Herbal Biji Kelor hingga Banyaknya Permintaan Ekspor ke Negara Lain

- 28 April 2021, 04:00 WIB
Dahsyatnya Tanaman Herbal Biji Kelor hingga Banyaknya Permintaan Ekspor ke Negara Lain.*
Dahsyatnya Tanaman Herbal Biji Kelor hingga Banyaknya Permintaan Ekspor ke Negara Lain.* /pertanian.go.id

PR TASIKMALAYA – Siapa sangka tanaman herbal biji kelor juga dapat menjadi komoditas ekspor unggulan negara Indonesia tidak kalah populernya seperti daun kelor yang juga sangat diminati banyak negara.

Hampir semua masyarakat Indonesia telah mengetahui akan khasiat dan manfaat dari daun dan biji kelor bagi kesehatan tubuh. Jenis herbal ini yang banyak dijumpai di Indonesia, termasuk dikategorikan mega superfood (pangan super).

Superfood sendiri merupakan pangan fungsional yang mempunyai gizi dan nutrisi sangat tinggi dan kaya akan fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan kita, contohnya seperti biji kelor.

Baca Juga: Tak Percaya Tuduhan Teroris pada Munarman, Fadli Zon: Sungguh Mengada-ngada dan Kurang Kerjaan

Pemerintah Indonesia kian menggalakan komoditi eskpor berbagai macam produk pertanian Indonesia. Balai Karantina Pertanian akan memberi kemudahan pada eksportir bagi para petani Indonesia.

Kementerian Pertanian telah berupaya dengan mencanangkan Program Gratieks untuk membantu petani Indonesia. Gratieks merupakan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor dengan perluasan ke berbagai macam produk pertanian. Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada para petani diantaranya di Kalimantan Timur terkait komoditi ekspor herbal tersebut.

Mengingat jumlah lahan tanam untuk kelor masih belum terlalu besar yaitu sekitar kurang dari 1000 pohon, maka pengiriman ekspor biji kelor dari Balikpapan sudah dilakukan keempat kalinya. Dalam jumlah yang bervariasi, paling besar 100 kilogram.

Baca Juga: Mardani Ali Sera Memprotes Instruksi Presiden Jokowi Buru dan Tangkap KKB di Papua

Eksportir kelor Iswandi mengatakan awal mula ekspor dilakukan karena ketertarikan orang Jepang untuk bahan kesehatan.

Halaman:

Editor: Aghnia Nurfitriani

Sumber: pertanian.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x