Terapkan Teknologi BIM dalam Proyek DTT Manggarai-Jatinegara, Waskita Raih Penghargaan Dunia di Kanada

- 31 Maret 2021, 05:30 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi ketika meninjau jalur dwi ganda Manggarai-Jatinegara dan LRT Jabodebek -
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi ketika meninjau jalur dwi ganda Manggarai-Jatinegara dan LRT Jabodebek - /ANTARA/HO-BKIP Kemenhub/am
 
PR TASIKMALAYA - Pengerjaan proyek jalur dwi ganda atau double double track ruas Manggarai - Jatinegara pada Paket A Main Line II dipastikan berjalan dengan baik
 
PT Waskita KArya (Persero) memastikan pengerjaan jalur dwi ganda tersebut prosesnya telah mencapai 25,8 persen.
 
Pengerjaan jalur dwi ganda tersebut diungkapkan oleh Ratna Ningrum selaku SVP Corporate Secretary Waskita Karya pada Selasa 30 Maret 2021.
 
 
Ratna juga menjelaskan bahwa pengerjaan proyek jalur dwi ganda menerapkan inovasi terbaru dengan menerapkan BIM atau Building Information Modelling.
 
“Waskita terus berinovasi melalui digitalisasi konstruksi dan menerapkan BIM (Building Information Modelling)," kata Ratna dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari Antara.
 
"Pada pembangunan disain dan proyek DDT Manggarai-Jatinegara, kami mengkombinaskan lima jenis piranti lunak yaitu OpenRail Designer, OpenBridge Modeler, Context Capture, Lumen RT, dan SYNCHRO 4D,” sambungnya.
 
 
Lima piranti lunak yang digunakan oleh Waskita Karya memungkinkan untuk dapat mengukur jarak dan dimensi sebenarnya antara struktur yang telah dirancang dan struktur eksisting.
 
Ratna juga menjelaskan hal tersebut digunakan untuk memastikan ketepatan desain, serta membuat visualisasi serta simulasi dari urutan pekerjaannya.
 
“Pada pembangunan fly over kereta api yang menghubungkan Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara, Waskita menerapkan BIM (Building Information Modelling) yang menggunakan teknologi Bentley System,” ujarnya.
 
 
Dengan pengaplikasian BIM pada proyek jalur dwiganda Manggarai-Jatinegara, Waskita memenangkan penghargaan tingkat dunia.
 
Waskita berhasil meraih penghargaan dari Bentley Advancing Infrastructure untuk kategori The Year in Infrastructure (YII) Special Recognition Awards 2020 untuk kategori Comprehensiveness in Transportation Digital Twins.
 
Penghargaan yang diselenggarakan di Vancouver Kanada tersebut diikuti oleh lebih dari 300 perusahaan di 60 negara.
 
 
Penghargaan tersebut untuk pertama kalinya digelar secara daring.
 
“Alhamdulillah Waskita meraih penghargaan sebagai Comprehensiveness in Transportation Digital Twins,” ujar Ratna Ningrum.
 
Ia menambahkan, proyek DDT ini bukanlah proyek pertama Waskita untuk pekerjaan infrastruktur perkeretaapian.
 
 
Ratna juga menambahkan bahwa pengerjaan proyek jalur dwiganda Manggarai-Jatinegara bukan merupakan proyek perkeretaapian pertama untuk Waskita.
 
Sebelumnya proyek pembangunan Jalur Kereta Api (KA) Manggarai – Bandara Soekarno-Hatta telah dikerjakan oleh Waskita.
 
Selain itu proyek perkeretaapian lainnya adalah pembangunan Light Rail Transit Sumatera Selatan.
 
 
Kedepannya Waskita secara optimis mampu mengerjakan proyek-proyek dengan menggunakan teknologi BIM lainnya.***
 

Editor: Tita Salsabila

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x