9.000 Toilet Bakal Disiapkan Sepanjang Tempat Istirahat di Jalan Tol Jelang Mudik Lebaran 2023

- 7 April 2023, 07:55 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. /Kementerian PUPR via PMJ News

PR TASIKMALAYA - Pemerintah bakal menyediakan ribuan toilet untuk memudahkan masyarakat buang air kecil ketika arus mudik lebaran 2023.

Toilet tersebut diketahui kurang lebih ada 9.000 unit yang tersebar di 127 area tempat istirahat di sepanjang jalan tol.

"Toilet-toilet yang tahun lalu sekitar 6.000 toilet di 127 rest area (area peristirahatan) jalan tol, itu sekarang sudah menjadi sekitar 9.000 toilet yang kita (pemerintah) siapkan,” terang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari PMJ News pada Jumat, 7 April 2023.

“Jadi mudah-mudahan bisa memberikan kelancaran orang buang air kecil," sambungnya.

Baca Juga: Kemenhub Siapkan 3 Skema Saat Hadapi Arus Mudik Lebaran 2023, Apa Saja?

Basuki mengatakan bahwa pihaknya juga telah membuat area peristirahatan sementara di sejumlah titik. Tempat istirahat tersebut diantaranya berada di Tol Cipali km 81 yang memiliki lahan seluas 5 hektar.

Selain itu, km 97 yang berada di Tol Tangerang-Merak akan dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat menunggu waktu masuk ke dalam kapal laut.

Persiapan mengahadapi mudik lebaran 2023 tak hanya tentang toilet saja, pemerinah melalui Polri juga telah menyiapkan skema untuk mengurangi kepadatan kendaraan.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas yang dilakukan di daerah penyeberangan bertujuan untuk mencegah penumpukan kendaraan yang akan menyeberang saat arus mudik lebaran 2023.

Halaman:

Editor: Thytha Surya Swastika

Sumber: PMJ News ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x