Cara Daftar DTKS 2024 Lewat HP untuk Dapat BPNT atau PKH

- 21 Januari 2024, 12:25 WIB
Berikut ini cara daftar DTKS 2024 lewat HP di aplikasi Cek Bansos.
Berikut ini cara daftar DTKS 2024 lewat HP di aplikasi Cek Bansos. /Kemensos

PR TASIKMALAYA - Memasuki awal tahun 2024, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mulai menyiapkan program bantuan sosial (bansos) yang dua di antaranya adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Menjelang pencairan PKH dan BPNT tersebut, tak sedikit masyarakat yang membutuhkan bantuan tetapi belum terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Sebab Kemensos hanya akan memberikan bansos, baik itu PKH atau BPNT kepada masyarakat yang memenuhi syarat dan tentunya terdaftar di DTKS Kemensos. Oleh sebab itu, artikel ini akan menyediakan informasi cara daftar DTKS 2024 secara online di aplikasi Cek Bansos.

Pendaftaran DTKS 2024 tersebut bisa dilakukan dengan mudah menggunakan handphone (HP), kuota dan berkas berupa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Baca Juga: Kapan PKH 2024 Cair? Cek Jadwalnya dan Penerima Bansos Ini Lewat HP

Cara Daftar DTKS 2024 Lewat HP

Sebelum melakukan pendaftaran DTKS 2024, sediakan HP dan pastikan jaringan internetnya dalam keadaan stabil. Kemudian siapkan KK dan KTP untuk mengisi data pribadi. 

1. Unduh aplikasi Cek Bansos lewat Play Store

2. Buat akun dengan cara klik 'Buat Akun Baru'

3. Ikuti tahapan pengisian data untuk membuat akun seperti mengisi Nomor KK, NIK, Nama Lengkap hingga Alamat sesuai data KTP

Halaman:

Editor: Wulandari Noor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x