BPNT 2024 Cair Mulai Kapan? Cek Informasinya di Sini dan Cara Cek Penerima

- 31 Desember 2023, 17:40 WIB
Ilustrasi BPNT 2024.
Ilustrasi BPNT 2024. /Unsplash/Mufid Majnun

PR TASIKMALAYA - Menjelang pergantian tahun 2024, masyarakat sudah mulai mempertanyakan jadwal pencairan bantuan sosial (bansos), yang salah satunya adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Bansos yang dikenal dengan Kartu Sembako tersebut akan disediakan sebesar Rp2,4 juta setahun untuk satu orang penerima yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Bagi yang penasaran dengan jadwal pencairan BPNT 2024, simak artikel ini sampai selesai karena akan ada informasi pencairan hingga cara cek penerima bansos tersebut secara online. 

Perlu diketahui bahwa BPNT 2024 itu sendiri masih menyasar masyarakat yang termasuk dalam kriteria keluarga miskin atau rentan miskin. 

Baca Juga: CATAT! Saldo DANA Bansos PKH, BPNT dan BLT El Nino yang Bakal Cair di Awal Tahun 2024

Jadwal Pencairan BPNT 2024

Jika dilihat berdasarkan kebijakan di tahun sebelumnya, BPNT akan mulai disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) pada bulan Januari 2024 mendatang dengan besaran Rp200.000 per bulan untuk satu orang penerima.

Sebab program BPNT Kartu Sembako itu sendiri rutin disalurkan setiap bulan oleh Kemensos. 

Namun apabila pencairan tidak dilakukan di bulan Januari 2024, besar kemungkinan Kemensos akan mendistribusikan bansos ini pada bulan berikutnya dengan menjumlah bantuan dari bulan sebelumnya. 

Hal terpenting untuk mendapat bansos Kartu Sembako ini adalah memastikan sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x