Cara Dapat Rp400.000 di Hari Natal dari Pemerintah, Simak Jadwal, Link, dan Tahapan Daftar BLT El Nino 2023

- 25 Desember 2023, 16:11 WIB
Ilustrasi BLT El Nino 2023
Ilustrasi BLT El Nino 2023 /Pixabay/WonderfulBali/



PR TASIKMALAYA - Mendapatkan uang senilai Rp400.000 resmi dari pemerintah pada hari Natal bukan lagi mimpi belaka bagi sebagian orang di Indonesia. Uang gratis Rp400.000 bisa Anda dapatkan di hari Natal dengan mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini.

Tulisan ini juga akan membahas tentang program pemerintah apa yang menyediakan uang Rp400.000 yang bisa Anda klaim saat hari Natal.

Program pemerintah yang memberikan uang Rp400.000 secara gratis adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino. Bantuan tersebut merupakan upaya pemerintah dalam membantu daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga yang disebabkan karena krisis iklim.

BLT El Nino ini sudah mulai dicairkan kepada masyarakat yang membutuhkan sejak bulan Desember 2023. Adapun proses penyaluran bantuan dilakukan melalui transfer langsung ke rekening penerima manfaat.

Baca Juga: Cairkan BLT El Nino 2023, Begini Cara Dapatkan Bantuannya Senilai Rp400.000

Jadwal Penyaluran BLT El Nino 2023

Informasi yang dilansir PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari laman resmi Portal Informasi Indonesia, pembagian BLT ini diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dengan nilai Rp200.000 per bulan. Bantuan tersebut diberikan selama dua bulan pada periode November dan Desember 2023.

Pemerintah juga telah mengumumkan secara resmi melalui akun media sosial Kementerian Sosial RI bahwa BLT El Nino telah cair sejak 15 Desember 2023.

Mekanisme penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino dilakukan melalui Bank Himbara dan PT. Pos Indonesia, di mana penerima yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan KPM Program Sembako/BPNT dan PKH dapat menarik dana bantuannya melalui ATM atau mengambilnya di Kantor Pos yang telah ditentukan.

Pemerintah menetapkan 18,8 juta keluarga penerima manfaat sebagai penerima BLT, yang juga termasuk penerima bantuan beras sejumlah 21,3 juta KPM. Sistem penyaluran bantuan dilakukan melalui Kementerian Sosial untuk BLT dan Badan Pangan Nasional untuk bantuan beras.

Baca Juga: Mulai Cair! Segera Cek Penerima BLT El Nino 2023 Lewat HP Hanya Pakai KTP

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: Indonesia Baik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x