Cairkan BLT El Nino 2023, Begini Cara Dapatkan Bantuannya Senilai Rp400.000

- 25 Desember 2023, 08:10 WIB
Ilustrasi BLT El Nino 2023.
Ilustrasi BLT El Nino 2023. /Unsplash/Mufid Majnun

PR TASIKMALAYA - Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino 2023 saat ini tengah disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan besaran Rp400.000 per penerima. 

Bagaimana cara mendapatkan BLT El Nino 2023? simak caranya di artikel ini sekaligus akan ada informasi besaran hingga cek penerimanya secara online lewat HP. 

Sebagai informasi, BLT El Nino 2023 itu sendiri hanya berlaku pada bulan November dan Desember ini sehingga pencairan akan berlangsung hingga akhir bulan ini. Kemudian bantuan sosial (bansos) tersebut hanya diberikan kepada keluarga miskin atau rentan miskin. 

Untuk memperoleh bansos ini, masyarakat harus terdaftar sebagai KPM di Data Terpadu Kesejahteaan Sosial (DTKS). Untuk memastikan sudah terdaftar, bisa dilakukan pengecekkan secara online. 

Baca Juga: Mulai Cair! Segera Cek Penerima BLT El Nino 2023 Lewat HP Hanya Pakai KTP

Cara Cek Penerima BLT El Nino 2023

Pengecekkan BLT El Nino 2023 itu sendiri bisa dilakukan lewat laman cekbansos.kemensos.go.id dan masukkan data diri sesuai kolom yang tersedia serta harus sesuai dengan KTP Anda. 

Kemudian sistem akan memproses data, dan menampilkan informasi penerima. Jika terdaftar di DTKS, maka informasi yangg akan muncul adalah Nama Penerima, Umur dan berbagai jenis bansos. 

Namun bila yang muncul adalah keterangan 'Tidak Terdapat Peserta/PM' itu tandanya Anda belum terdaftar sebagai penerima BLT El Nino 2023. Dengan demikian, Anda harus mendaftar secara mandiri untuk bisa memperoleh bansos tersebut. 

Pendaftaran BLT El Nino 2023 itu sendiri bisa dilakukan melalui aplikasi Cek Bansos yang bisa diunduh dengan mudah melalui Play Store. 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah