BPNT Kapan Cair? Cek Jadwal Pencairan Bansos Kartu Sembako 2024 di Sini

- 24 Desember 2023, 22:00 WIB
Ilustrasi penerima BPNT 2024 atau bansos Kartu Sembako.
Ilustrasi penerima BPNT 2024 atau bansos Kartu Sembako. //ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.

PR TASIKMALAYA - Menjelang pergantian tahun, banyak masyarakat yang sudah mulai mempertayakan jadwal pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2024 dan besaran bantuan sosial (bansos) yang bisa diambil. 

Lantas kapan BPNT 2024 cair dan berapa besaran bansos Kartu Sembako tersebut? simak jawabannya di artikel ini sekaligus akan ada informasi besaran hingga cara pencairannya. 

Perlu diketahui bahwa BPNT 2024 atau dikenal dengan Kartu Sembako merupakan salah satu bansos yang diberikan khusus untuk keluarga miskin atau rentan miskin di Indonesia. 

BPNT Kartu Sembako menjadi salah satu program bansos yang rutin disalurkan setiap tahun, tak terkecuali di tahun 2024 mendatang. 

Baca Juga: BLT El Nino 2023 Cair Hari Ini! Cek Penerimanya di Sini dan Dapatkan Bansos Rp400.000

BPNT 2024 Kapan Cair?

Apabila mengikuti kebijakan tahun sebelumnya, BPNT 2024 seharusnya disalurkan setiap bulan dengan besaran Rp200.000 per penerima. Kemudian waktu pencairannya akan menyesuaikan dengan kebijakan Kemensos. 

Kendati demikian, bansos Kartu Sembako ini juga bisa saja disalurkan setiap dua bulan sekali sesuai kebijakan pemerintah, sehingga apabila disatukan setiap penerima akan mendapat Rp400.000 untuk dua bulan. 

Bansos BPNT ini disediakan untuk mengurangi beban pegeluaran masyarakat miskin atau rentan miskin dalam membeli kebutuhan pokok mereka. Maka dari itu, bansos Kartu Sembako ini harus dibelanjakan dengan keperluan seperti beras, telur, dan kebutuhan lainnya. 

Selain itu, BPNT 2024 juga hanya akan diberikan kepada keluarga miskin yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x