Akses Link Khusus Ini untuk Cek Bantuan PKH dan BPNT 2023

- 11 Desember 2023, 07:05 WIB
Ilustrasi bansos PKH dan BPNT
Ilustrasi bansos PKH dan BPNT //Instagram.com/@bank_indonesia/

PR TASIKMALAYA - Menjelang pertengahan Desember 2023, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) masih melakukan pendistribusian bantuan sosial (bansos) dengan rincian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). 

Kedua bansos tersebut khusus diberikan oleh pemerintah untuk keluarga miskin atau rentan miskin yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Lalu bagaimana cara mengetahui diri terdaftar atau belum di DTKS?

Artikel kali ini akan membahas cara cek penerima bansos PKH dan BPNT 2023 secara online dengan memanfaatkan link khusus dari Kemensos yakni cekbansos.kemensos.go.id. 

Laman tersebut merupakan link resmi dari Kemensos yang tersedia untuk mengetahui daftar penerima bansos, termasuk PKH dan BPNT 2023. 

Baca Juga: PKH Tahap 4 Kapan Cair? Simak Jadwalnya Lengkap dengan Cara Cek Penerimanya

Apa itu BPNT dan PKH?

PKH dan BPNT itu sendiri merupakan dua bansos yang rutin disalurkan oleh Kemensos setiap tahun. Namun jadwal pencairan dari kedua bantuan itu berbeda menyesuaikan dengan aturan atau kebijakan Kemensos. 

Untuk PKH, Kemensos menyalurkannya dalam 4 tahap atau tiga bulan sekali yakni pada periode Januari, April, Juli dan Oktober denga besaran berbeda-beda sesuai dengan kategori yang dipenuhi. 

Sementara itu, untuk BPNT disalurkan setiap bulan dengan besaran Rp200.000 per penerima, terkecuali bila pemerintah mendistribusikannya sekaligus untuk beberapa bulan. 

Kemudian untuk mengecek daftar penerima bansos, dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini: 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x