BRI Luncurkan Pinjaman KUR Mikro untuk Pemilik UMKM, Inilah Persyaratannya!

- 7 Desember 2023, 19:13 WIB
Penyebab KUR ditolak.
Penyebab KUR ditolak. /Pixabay.com/IqbalStock

PR TASIKMALAYA - Bank BRI tengah menghadirkan sejumlah inisiatif baru untuk memberikan dukungan terhadap perkembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta koperasi di Indonesia.

Salah satu program unggulan yang diperkenalkan oleh bank BRI ini adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro, yang memberikan peluang bagi peminjam untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp50 juta per debitur.

Skema KUR Mikro ini bertujuan utama memberikan kredit untuk modal kerja dan investasi kepada UMKM yang memenuhi sejumlah persyaratan, dengan adanya jaminan dari perusahaan penjaminan.

Calon debitur atau pemilik UMKM yang berminat mengajukan KUR Mikro BRI harus memenuhi persyaratan tertentu, termasuk menjalankan usaha secara efektif, telah aktif beroperasi minimal 6 bulan, dan tidak sedang menerima kredit dari bank, kecuali kredit konsumsi seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.

Baca Juga: Kamu Alumni Program Prakerja yang Butuh Modal? Bank Mandiri Siapkan Pinjaman KUR dengan Mudah

Persyaratan administratif yang diperlukan itu seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), dan izin usaha juga diperlukan dalam proses pengajuan KUR ini.

Program KUR Mikro menawarkan dua jenis pinjaman, yakni Kredit Modal Kerja (KMK) dengan jangka waktu pinjaman maksimal 3 tahun, dan Kredit Investasi (KI) dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 tahun.

Dengan suku bunga efektif sekitar 6% per tahun, debitur tidak dikenakan biaya pengelolaan maupun provisi.

Selain KUR Mikro, Bank BRI juga menawarkan program KUR Kecil dengan plafon pinjaman lebih besar, berkisar antara Rp50 juta hingga Rp500 juta untuk setiap debitur.

Halaman:

Editor: Thytha Surya Swastika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x