Cek Penerima BLT El Nino Bulan Desember 2023 Lewat HP

- 2 Desember 2023, 22:00 WIB
Ilustrasi BLT El Nino bulan Desember 2023.
Ilustrasi BLT El Nino bulan Desember 2023. /Pexels/ahsanjaya

PR TASIKMALAYA - Memasuki awal bulan Desember 2023, pemerintah masih terus menjalankan program bantuan sosial (bansos) yang salah satunya adalahh BLT El Nino, yang diberikan akibat terjadinya fenomena El Nino di Indonesia. 

Seperti bansos pada umumnya, BLT El Nino diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat dari keluarga miskin dan rentan miskin yang terdampak dari kenaikan harga pangan. 

Jika masyarakat yang memenuhi syarat masih belum menerima BLT El Nino, dapat dilakukan pengecekkan terlebih dahulu dengan membuka link resmi cekbansos.kemensos.go.id. 

Untuk lebih jauhnya, simak artikel ini karena akan membahas cara cek penerima BLT El Nino bulan Desember 2023 secara online dengan hanya memanfaatkan perangkat handphone (HP).

Baca Juga: Ingin Dapat BLT El Nino, PIP, PKH dan Bansos Lain? Begini Cara dan Tahapannya

Besaran BLT El Nino dan Syarat Penerimanya

Perlu diketahui bahwa BLT El Nino ini berlaku dari mulai November dan Desember 2023 dengan besaran bantuan Rp200.000 per bulan untuk satu orang penerima. Sebab disalurkan sekaligus dua bulan, maka setiap penerima akan mendapat Rp400.000. 

Lantas apa saja syarat penerimanya? Hampir sama dengan bantuan lainnya, BLT El Nino juga menyasar keluarga miskin yang datanya sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Untuk mengetahui data tersebut, dapat dilakukan langkah-langkah berikut ini: 

Cek Penerima BLT El Nino

Hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan HP dengan internet yang stabil, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai rujukan data. Jika HP sudah tersedia, segera buka link cekbansos.kemensos.go.id. 

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah