Pemilik UMKM Wajib Tahu, Begini Cara Ajukan KUR Mikro BRI dengan Mudah

- 29 November 2023, 15:58 WIB
Ilustrasi dana KUR
Ilustrasi dana KUR /Unsplash/Mufid Majnun

PR TASIKMALAYA - Bank BRI telah menghadirkan serangkaian langkah baru, untuk mendukung pertumbuhan sektor usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), serta koperasi di Indonesia.

Salah satu program unggulan yang diperkenalkan oleh BRI adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro, yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp 50 juta per debitur.

Tujuan utama dari skema KUR Mikro ini adalah memberikan dukungan kredit untuk modal kerja dan investasi kepada UMKM, yang memenuhi sejumlah persyaratan, dengan jaminan dari perusahaan penjaminan.

Calon debitur atau pemilik UMKM yang berminat mengajukan KUR Mikro BRI harus memenuhi persyaratan khusus, termasuk menjalankan usaha secara efektif, telah aktif beroperasi minimal 6 bulan, dan tidak sedang menerima kredit dari bank, kecuali kredit konsumsi seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.

Persyaratan administratif seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), dan izin usaha juga diperlukan dalam proses pengajuan KUR ini.

Baca Juga: Mau Pinjaman Tanpa Agunan? Pelajari Tabel KUR BRI 100 Juta, Syarat, dan Ketentuannya

Program KUR Mikro menawarkan dua jenis pinjaman, yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) dengan jangka waktu pinjaman maksimal 3 tahun, dan Kredit Investasi (KI) dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 tahun. Dengan suku bunga efektif sekitar 6% per tahun, debitur tidak dikenakan biaya pengelolaan maupun provisi.

Selain KUR Mikro, Bank BRI juga menyediakan program KUR Kecil yang memiliki plafon pinjaman lebih tinggi, berkisar antara Rp50 juta hingga Rp500 juta per debitur.

Calon debitur KUR Mikro dan KUR Kecil harus memenuhi syarat memiliki operasional bisnis yang layak dan efektif, tidak mengambil manfaat kredit perbankan kecuali kredit konsumsi, aktif mengelola usaha minimal 6 bulan, dan harus memiliki izin usaha jaringan dan kecil (IUMK) atau dokumen serupa.

Halaman:

Editor: Thytha Surya Swastika


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah