Anda Pemilik UMKM Ingin Ajukan Kredit? Pahami Dulu Perbedaan KUM dan KUR Berikut Ini!

- 18 Oktober 2023, 17:52 WIB
Ilustrasi - Perbedaan dan persamaan penting antara KUM dan KUR ini perlu dipahami oleh pemilik UMKM yang ingin mengajukan kredit.
Ilustrasi - Perbedaan dan persamaan penting antara KUM dan KUR ini perlu dipahami oleh pemilik UMKM yang ingin mengajukan kredit. /Pixabay/IqbalStock

PR TASIKMALAYA - Kredit Usaha Mikro (KUM) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah dua program kredit yang bertujuan untuk membantu pengembangan sektor Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mendukung pertumbuhan UMKM, terdapat perbedaan dan persamaan penting antara KUM dan KUR.

Dimana perbedaan dan persamaan penting antara KUM dan KUR ini perlu dipahami oleh pemilik UMKM yang ingin mengajukan kredit.

Perbedaan utama antara KUM dan KUR terletak pada penyelenggara, besar pinjaman, dan suku bunga. Simak informasi lebih lanjiut di bawah ini:

Baca Juga: 500 Orang Dilaporkan Meninggal dalam Serangan Israel ke Gaza!

1. Penyelenggara

  • KUM biasanya diselenggarakan oleh bank konvensional atau bank syariah yang telah ditunjuk oleh pemerintah untuk memberikan kredit kepada usaha mikro.
  • KUR diselenggarakan oleh bank-bank lain yang juga telah ditunjuk oleh pemerintah, tetapi mereka dapat memberikan kredit kepada usaha mikro, kecil, dan menengah.

2. Besar Pinjaman

  • KUM biasanya menawarkan pinjaman dengan jumlah yang lebih kecil, lebih sesuai untuk usaha mikro dengan kebutuhan dana terbatas.
  • KUR menyediakan pinjaman dengan jumlah yang lebih besar dan dapat digunakan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah.

Baca Juga: Ada Cancer hingga Taurus, Zodiak Ini Dikenal Lebih Pentingkan Orang Lain Dibanding Diri Sendiri

3. Bunga

  • KUM memiliki suku bunga yang bervariasi tergantung pada bank yang menawarkannya, dan seringkali memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi.
  • KUR menawarkan suku bunga yang lebih rendah, yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga lebih terjangkau bagi penerima kredit.

Meskipun terdapat perbedaan tersebut, terdapat persamaan antara KUM dan KUR:

1. Sasaran Penerima Kredit

Baik KUM maupun KUR ditujukan untuk mendukung usaha mikro dan kecil, dan dalam beberapa kasus, usaha menengah.

Baca Juga: Jadwal Rilis One Piece Chapter 1095 dan Beberapa Kemungkinan yang akan Terjadi

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x