Pengajuan KPR Anda Ditolak: Ini Ciri-Ciri yang Perlu Anda Ketahui!

- 30 September 2023, 14:07 WIB
Ilustrasi - Apakah anda pernah bertanya-tanya mengapa pengajuan KPR anda mungkin ditolak? mari kita telaah beberapa ciri-ciri yang perlu anda ketahui.
Ilustrasi - Apakah anda pernah bertanya-tanya mengapa pengajuan KPR anda mungkin ditolak? mari kita telaah beberapa ciri-ciri yang perlu anda ketahui. /Pixabay.com/OleksandrPidvalnyi

PR TASIKMALAYA - Ketika Anda bermimpi memiliki rumah impian, salah satu langkah awal yang sering diambil adalah mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Namun, tidak semua pengajuan KPR berhasil disetujui oleh bank.

Apakah anda pernah bertanya-tanya mengapa pengajuan KPR anda mungkin ditolak? mari kita telaah beberapa ciri-ciri yang perlu anda ketahui.

Salah satu faktor yang sering menjadi penyebab KPR ditolak adalah riwayat kualitas kredit yang buruk.

Bank biasanya melihat ketepatan pembayaran angsuran pada pinjaman sebelumnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu membayar cicilan tepat waktu agar pengajuan KPR tidak ditolak.

Baca Juga: OTW Tamat! Behind Your Touch Episode 15: Link Nonton Sub Indo, Jadwal Tayang, Spoiler dan Preview

Selain itu, memiliki banyak pinjaman lain saat mengajukan KPR juga bisa menjadi masalah, bank akan mempertanyakan kemampuan keuangan anda untuk membayar KPR dalam jangka panjang.

Jika anda memiliki banyak pinjaman aktif, sebaiknya pertimbangkan untuk melunasi kredit yang sedang berjalan sebelum mengajukan KPR.

Pernah masuk dalam daftar hitam atau blacklist Bank Indonesia (BI) atau OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga merupakan ciri lain yang membuat KPR cenderung ditolak.

Biasanya, ini terjadi akibat kredit macet atau gagal bayar. Jika nama anda sudah masuk dalam daftar hitam BI, kemungkinan besar bank akan menolak pengajuan KPR anda.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x