Alasan Tak Dapat Bansos PKH Meski Sudah Cair, Kenali Faktornya!

- 25 Juni 2023, 09:38 WIB
Ilustrasi penerima bansos.
Ilustrasi penerima bansos. /Kemensos/

PR TASIKMALAYA – Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah yang rutin disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan dan sesuai kriteria.

PKH dan bansos lainnya disalurkan oleh pemerintah sebagai upaya dalam menekan angka kemiskinan ekstrem di Tanah Air. Pemerintah menargetkan 0 persen di tahun 2024.

Sayangnya, tidak semua orang mendapatkan bansos PKH karena berbagai alasan, termasuk karena tidak tepatnya sasaran penerima manfaat.

Beberapa waktu lalu, Mensos Risma mengungkap ada banyak oknum yang tergolong kategori mampu namun mendapatkan bansos. Sementara warga yang tidak mampu justru tidak mendapat bansos.

Baca Juga: Siapkan Payung! Waspada Hujan dengan Intensitas Ringan Saat Sore Hari di Tasikmalaya pada Minggu, 25 Juni 2023

Pihaknya pun telah melakukan tindak lanjut terkait kasus bansos salah sasaran itu. Ada 5,8 juta calon penerima yang datanya dicoret karena tidak sesuai dengan kriteria.

Selain salah sasaran, ada beberapa hal lain yang membuat seseorang sudah tidak mendapatkan bansos PKH dari pemerintah meski pun sudah cair. Apa saja?

Berikut merupakan faktor-faktor seseorang berkemungkinan tidak mendapatkah PKH:

1. Belum Terdaftar DTKS atau KPM Bansos

Baca Juga: Piala Dunia U-17 Bentrok dengan BRI Liga 1, Begini Tanggapan Erick Thohir

Penyaluran bansos dilakukan pemerintah dengan mengacu pada DTKS. Seseorang yang belum terdata tentu tidak akan mendapatkan bansos.

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah