Pintek Luncurkan #PintekSobatUKM untuk Membantu Pendanaan UKM Pendidikan!

- 11 Oktober 2021, 08:27 WIB
Melalui SIPLah, pelaku usaha memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan mengembangkan bisnisnya.
Melalui SIPLah, pelaku usaha memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan mengembangkan bisnisnya. /Dok Pintek

PR TASIKMALAYA - Pemerintah sudah menggelontorkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik untuk tahun 2021, yang alokasinya sebesar Rp17,7 triliun untuk 31.695 satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Dana tersebut dapat digunakan sekolah untuk ketuntasan sarana dan prasarana pendidikan termasuk pengadaan media pembelajaran dan alat teknologi, informasi, dan komputer (TIK). Kebijakan sudah dimanfaatkan banyak UKM yang bergerak di bidang pengadaan sekolah.

Dana BOS tahap 3 akan cair pada bulan September hingga Desember 2021. Penyaluran Dana BOS tahun ini mencapai Rp 52,5 triliun yang akan dibagi ke 216.662 satuan pendidikan di jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB di Indonesia.

Baca Juga: Jadwal TV di Trans TV, SCTV, NET TV, dan TVRI pada Hari Ini, 11 Oktober 2021: Ada Film 'The Matrix'

Dengan pencairan dana ini, akan ada lonjakan pembelian dari pihak sekolah yang harus melaksanakan PBJ melalui SIPLah, sesuai dengan ketentuan Permendikbud No 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa oleh Satuan Pendidikan.

Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) adalah platform milik Kemendikbud yang bertujuan untuk mempermudah pengadaan barang jasa (PBJ) sekolah. Sekolah dapat menggunakan layanan tersebut untuk membeli barang jasa secara online.

Dengan pembelanjaan sekolah dilakukan melalui platform SIPLah, pemerintah dapat mengawasi penggunaan dana BOS.

Baca Juga: Bantah Tegas Saat Rizky Billar Sebut Semua Di-prank Lesti Kejora Pingsan, sang Penyanyi Dangdut: Ih Mana Ada!

Selain itu, melalui SIPLah Pemerintah juga mendukung pelaku usaha di bidang pendidikan. Hal tersebut tentu menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi para UKM pendidikan untuk mengembangkan bisnisnya.

Halaman:

Editor: Tita Salsabila


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x