Informasi Hoaks Ancam Indonesia di Tengah Covid-19, Berikut 5 Tips Jitu Terhindar dari Berita Palsu

- 30 Maret 2020, 20:30 WIB
Ilustrasi hoaks. Dok Pikiran Rakyat.

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah pandemi virus corona yang terus meningkat setiap harinnya, masyarakat dituntut lebih cerdas menyaring berita yang beredar di berbagai lini media sosial terutama pesan singkat WhatsApp dan Facebook.

Sebagaimana diketahui, maraknya pemberitaan bohong tentang virus corona di Indonesia, membuat sejumlah informasi sesat berdatangan dan menimbulkan rasa takut serta kepanikan berlebih ditengah-tengah masyarakat.

Baca Juga: Terkait Hasil Test Swab PDP Meninggal Dunia, Pemkab Tasikmalaya Dinilai Lamban Beri Kejelasan

Untuk itu, setiap orang memiliki tanggung jawab membantu mengurangi penyebaran informasi yang salah dengan memastikan hanya memberikan informasi yang benar atau telah terverifikasi.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari Antara, berikut lima tips aman dari Facebook agar dapat terhindar dari informasi yang salah tentang virus corona di internet.

Baca Juga: Pelatih Kiper Persib Bandung Luizinho Passos Ajak Semua Pihak Beri Dukungan pada Wander Luiz

Bersikaplah skeptis terhadap judul

Berita palsu seringkali memiliki judul menohok dan bombastis dengan huruf kapital disertai tanda seru. Jika judul terlihat mengejutkan dan tidak dapat dipercaya, maka kemungkinan itu berita palsu alias hoax.

Perhatikan alamat situs atau URL berita. Alamat situs atau URL palsu seringkali dibuat mirip aslinya dengan memberikan sedikit perubahan, semisal mengganti huruf kapital 'I' dengan huruf kecil 'i' atau mengganti nol '0' dengan 'o'.

Baca Juga: Sempat Ikut Musda se-Jabar di Karawang, 10 Anggota HIPMI Kabupaten Tasikmalaya Negatif Covid-19

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Antara, WHO, covid19.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X