Sabtu, 29 Februari 2020

Jangan Buang Sembarangan, 8 Barang yang Mengandung Bahan Berbahaya Bisa Sebabkan Hal Fatal

- 23 Januari 2020, 11:33 WIB
Tanda Bahaya Pixabay/ Paulracko

PIKIRAN RAKYAT - Membuang sampah semabarangan bukan hanya dapat menimbulkan berbagai pencemaran, lingkungan kotor, banjir, bahkan bisa berbahaya dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Menurut Enviromental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat, beberapa produk atau barang yang jika dibuang sembarangan akan menimbulkan berbagai ancaman dan potensi buruk bagi sekitar.

Potensi yang dapat ditimbulkan seperti kebakaran, ledakan, atau pelepasan bahan kimia beracun, sehingga perlu adanya pengelolaan liimbah berbahaya tersebut agar aman.

Baca Juga: Taman Wisata di Tiongkok Tuai Kecaman Usai Paksa Seekor Babi untuk Bungee Jumping

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari situs Reader's Digest, ada delapan hal atau barang yang berbahaya jika dibuang sembarangan, antara lain:

1. Asbes

Asbes adalah salah satu barang yang bisa digunakan untuk menutup atap rumah. Namun, bila asbes sudah rusak, jangan dibuang sembarangan karena sangat berbahaya bagi paru-paru dan lingkungan.

2. Baterai otomotif

Ketika sedang mengganti aki pada mobil, baterai aki mobil akan dibuang dan diganti dengan yang baru. Namun, sebaiknya buanglah sendiri ditempat yang aman. Baterai aki adalah aki sel basah yang mengandung asam timbal.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Reader's Digest

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X