LIB Konfirmasi VAR akan Digunakan Secara Permanen di Liga 1 2024/2025

- 11 Juni 2024, 15:59 WIB
Foto bendera PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku konsorsium Liga 1 memastikan penggunaan VAR secara permanen di musim 2024/2025.
Foto bendera PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku konsorsium Liga 1 memastikan penggunaan VAR secara permanen di musim 2024/2025. /Dok. Liga Indonesia Baru/

PR TASIKMALAYA - Konsorsium Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengkonfirmasi terkait penggunaan Video Assistant Referee (VAR) secara permanen pada musim 2024/2025.

Setelah sebelumnya teknologi tersebut hanya digunakan pada babak Championship Series Liga 1 2023/2024. Maka selanjutnya, LIB memastikan bahwa teknologi canggih itu akan diterapkan sepanjang musim 2024/2025.

Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Direktur Operasional LIB, Asep Saputra yang menyebut bahwa babak Championship Series musim ini menjadi awal dari sejarah penggunaan teknologi pembantu wasit di lapangan itu.

“Penggunaan VAR pada Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 yang terdiri dari 8 pertandingan telah menjadi titik awal dan menjadi momen bersejarah pada laga sepak bola Indonesia,” katanya seperti dikutip dari laman resmi konsorsium liga tersebut, Selasa, 11 Juni 2024.

Baca Juga: Indonesia Harus Taklukkan Filipina, Jokowi Optimis Garuda Menang

Lebih lanjut, Asep menjelaskan bahwa komitmen untuk memajukan sepak bola Indonesia adalah melalui penerapan teknologi tersebut. Dimana terdapat dana besar yang siap digelontorkan untuk investasi teknologi itu, mencapai Rp100 miliar.

Meski demikian, dana tersebut diyakininya sebagai modal awal bagi kemajuan sepak bola di tanah air. Sehingga nantinya melalui komitmen serius tersebut dengan persiapan yang matang, akan tercapai sebuah peningkatan kualitas.

“Angka tersebut tidak kecil, namun demi meningkatkan kemajuan sepak bola Indonesia dapat terus berprestasi dan berkancah di dunia internasional, kita membutuhkan berbagai inovasi termasuk penggunaan teknologi VAR,” katanya menambahkan.

Selain itu, dia juga menyebut masih banyak hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan dalam menerapkan teknologi tersebut. Beberapa diantaranya seperti pengolahan Sumber Daya Manusia hingga edukasi pada seluruh komponen dalam sepak bola.

Halaman:

Editor: Al Makruf Yoga Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah