Kementrian ESDM Tengah Lakukan Pencadangan Evaluasi Medan Panas Bumi

- 18 Oktober 2020, 18:17 WIB
Ilustrasi sumber daya energi. //Dok. esdm.go.di

PR TASIKMALAYA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang mencadangkan penilaian di delapan lapangan panas bumi.

Dadan Kusdiana, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) ESDM Kementerian EDM mengemukakan bahwa lapangan Cikakak 1 dan Cikakak 2, yang merupakan bagian dari lapangan Cisolok di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akan dijadikan langkah pertama dari proses penilaian. Proses pemilihan lokasi ini bersumber pada data dari Badan Geologi.

Dadan mengawasi jalannya proses evaluasi dengan menaksir kemungkinan risiko dan mitigasi.

Baca Juga: Luncurkan Program Pelatihan Fotografi dan Ilustrasi, Kemenparekraf Berharap Rakyat Tetap Produktif

"Potensi kendala yang mesti diantisipasi antara lain kekurangan data, belum tersedianya peralatan atau perangkat lunak yang dibutuhkan, perubahan lokasi lapangan panas bumi, dampak Covid-19 serta pendanaan,” jelas Dadan di Cisolok, Sukabumi, akhir minggu lalu.

Salah satu yang diamati adalah peran sumber daya manusia yang masih kurang.

Dadan menganjurkan untuk menambah tenaga ahli yang berpengalaman khususnya di BLU Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE).

Guna menangani masalah itu, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi akan membangun tim dengan Badan Geologi, Ditjen EBTKE dan Tenaga Ahli Menteri ESDM sebagai anggotanya yang akan melakukan operasi gabungan untuk melaksanakan evaluasi bagi kegiatan ini.

Baca Juga: Belajar Menghemat di Saat Pandemi Covid-19, Berikut Cara Tips Atur Biaya Hidup!

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Esdm.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X