1.620 Relawan Sudah Disuntik Vaksin Covid-19, BPOM Lanjutkan Audit Halal

- 18 Oktober 2020, 11:45 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona: Para peneliti saat ini berencana akan lakukan tahap uji coba vaksin Covid-19 dengan cara menginfeksikan virus corona terlebih dahulu pada manusia. //ANTARA/Reuters/Dado Ruvic

PR TASIKMALAYA - 1.620 relawan dilaporkan sudah mendapatkan suntikan untuk menjaga dan menjamin kualitas vaksin Covid-19.

BPOM selanjutnya akan visit audit proses pengembangan dan produksi vaksin corona di fasilitas Sinovac di Beijing, Tiongkok, termasuk LPPOM MUI untuk melaksanakan audit halal.

BPOM juga akan memastikan fasilitas dan proses produksi Vaksin Covid-19 di Bio Farma memenuhi standar Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB)/Good Manufacturing Practice (GMP).

Baca Juga: Cium Tangan Ibunda Selepas Salat, Ade Londok: Mak, Ade Beli Mobil

Saat ini, uji klinis fase 3 vaksin Covid-19 masih berjalan di minggu kedua Bulan Oktober 2020 ini.

Pengadaan Vaksin Covid-19 untuk Indonesia, telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu sebanyak 170 juta jiwa, atau sekitar 60% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Atau dengan kata lain, Indonesia memerlukan vaksin Covid-19 sebanyak 340 juta dosis dalam kurun waktu setahun.

Baca Juga: Terinspirasi saat Lapar, Ciptakan Mie Kristal Berbahan Dasar Rumput Laut

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, dalam kegiatan kunjungan Inspeksi Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Jumat, 16 Oktober 2020 ke beberapa site uji klinis fase 3 di Bandung.

Tentu saja hal ini, merupakan program besar, sehingga harus  dikelola dengan baik, sejak awal dari mulai uji klinis fase 3, produksi hingga distribusi dari BioFarma.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Pemerintah Provinsi Jawa Barat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X