Jelang Idul Adha 2024, Stok Pangan Dipastikan Aman

- 11 Juni 2024, 11:51 WIB
Arsip - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menyampaikan keterangan kepada awak media di Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024.
Arsip - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menyampaikan keterangan kepada awak media di Jakarta, Rabu, 13 Maret 2024. /Foto: ANTARA/Aji Cakti/

PR TASIKMALAYA - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi berbicara soal kondisi pangan jelang Hari Raya Idul Adha 2024.

Arif memastikan stok pangan jelang Idul Adha 2024 dipastikan aman dan terkendali, sehingga kebutuhan untuk hari raya tersebut tetap ada.

"Berdasarkan proyeksi neraca pangan yang menghitung ketersediaan dan kebutuhan pangan, secara umum stok pangan pokok strategis nasional, kami pastikan aman dan cukup, terutama mengantisipasi momentum Idul Adha yang sebentar lagi tiba," kata Arief pada 11 Juni 2024.

Sekalipun ada masalah dengan fenomena cuaca, BPN wajib memastikan stok pangan untuk kebutuhan Idul Adha 2024 tetap terkendali.

Baca Juga: Pastikan Stok Pangan di Jakarta Aman, Anies Baswedan: DKI Sudah Siap Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H

"Ada El Nino, La Nina atau apapun itu, Badan Pangan Nasional harus memastikan bahwa stok pangan dalam kondisi yang aman dan cukup," ucap Arief dikutip dari ANTARA.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan yakni stok cadangan beras pemerintah (CBP) di Bulog selalu berada di atas 1 juta ton. Hal ini didasarkan pada data per 7 Juni 2024 dan arahan Presiden Joko Widodo.

ketersediaan daging ruminansia yang dipastikan cukup untuk masyarakat. Perihal sapi hidup, Bapanas akan mengadakan rapat koordinasi bersama para stakeholder untuk merinci jumlah sebarannya.

"Khusus untuk menghadapi momentum hari raya di mana kebutuhan untuk kurban meningkat, ini akan dirapatkan hari ini oleh Deputi kami, tapi sebenarnya secara keseluruhan mengenai komoditas ruminansia daging sapi dan kerbau, kondisinya aman," ujar Arief.

Halaman:

Editor: Thytha Surya Swastika

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah