Warga Tulungagung Dihebohkan Isu Tsunami, TNI-Polri Diterjunkan

- 8 Oktober 2020, 18:25 WIB
Ilustrasi datangnya tsunami besar setinggi 20 meter
Ilustrasi datangnya tsunami besar setinggi 20 meter /kartika mahayadnya/istimewa

PR TASIKMALAYA – Isu soal akan adanya gelombang tinggi akibat pergeseran lempeng bumi viral di media sosial, menghebohkan masyarakat pesisir pantai.

Informasi itu menyebut jika kemungkinan terburuk dari gelombang tinggi air laut itu bisa menyebabkan tsunami setinggi 20 meter.

Tsunami besar tiu dipresikdi akan menerjang pantai seatan di Pulau Jawa, hingga membuat masyarakat dilanda kepanikan di tengah pandemu Covid-19 yang belum usai.

Baca Juga: Kamis, 8 Oktober 2020: Rupiah Hari Ini Menguat Berkat Jokowi

Salah satu kepanikan atas berita tersebut dirasakan oleh warga Pantai Kecamatan Kalidawir, Tulungagung.

Meski BMKG sempat mengkonfirmasi jika informasi itu hanya sebuah prakiraan saja, namun warga sempat berhamburan keluar rumah untuk mencari tempat yang aman dan lebih tinggi.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Tulungagung, Galih Nusantoro mengatakan, aparat TNI-Polri sertah pemerintah setempat langsung menenangkan warga soal isu tsunami.

Baca Juga: Update Harga Emas 24 Karat Hari Ini, 8 Oktober 2020: Ada Diskon Besar-besaran

"Alhamdulillah saat ini warga mulai tenang dan telah kembali ke rumah masing-masing. Namun masih ada belasan warga yamg ibertahan, terutama yang sepuh (tua)," kata Galih dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari RRI, Kamis, 8 Oktober 2020.

Galih menjelaskan, kepanikan warga Sine berawal saat beberapa warga melihat fenomena ikan-ikan kecil yang terdampar ke bibir pantai. Mereka lalu mengira akan datangnya tsunami.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: RRI


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X