ITB Prediksi Gempa Bumi Bermagnitudo 9,1 di Selatan Jawa, BMKG Adakan Pelatihan Evakuasi Tsunami

- 25 September 2020, 20:15 WIB
Ilustrasi Tsunami besar yang berpotensi terjadi di Pantai Selatan Jabar dan Jatim, setinggi 20 meter.* /pexels/GEORGE DESIPRIS

PR TASIKMALAYA – Untuk menguji kesiapan sistem diseminasi dalam menghadapi ancaman gempa bumi yang berpotensi gelombang pasang di selatan Pulau Jawa, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berencana mengadakan pelatihan evakuasi tsunami.

“Jadi dalam waktu dekat ini akan ada kegiatan Indian Ocean Wave Exercise 20 (IOWave20). Itu simulasi,” ujar Rahmat Triyono selaku Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami (BMKG) Jumat, 25 September 2020.

Rahmat Triyono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap dua tahun sekali.

Baca Juga: Kemendikbud Resmi Bagi-Bagi Kuota Gratis untuk Pelajar, Nadiem: Kalau Belum Terima, Segera Lapor

Rencana kegiatan tersebut telah disiapkan sejak tahun 2019. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menguji kesiapan sistem diseminasi BMKG dalam menghadapi ancaman gempa bumi yang berpotensi tsunami.

“Jadi kalau ini tidak ada kaitannya dengan riset (ITB,red). Sebenarnya kita sudah menyiapkan jauh hari sejak 2019. Kita sudah menyiapkan bahwa nanti di selatan Jawa akan ada skenario gempa yang magnitudonya 9,1. Itu sudah kita siapkan jauh hari,” ujarnya.

Pendapat tersebut dinyatakan Rahmat untuk menanggapi hasil riset dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menyebutkan bahwa akan ada kemungkinan potensi gempa dengan magnitudo 9,1.

Potensi gempa tersebut berpotensi tsunami hingga 20 meter di pantai selatan Jawa Barat dan 12 meter di selatan Jawa Timur.

Baca Juga: Update Kasus Covid-19 Jumat, 25 September 2020: Mencapai Angka 4.823, Tertinggi Sejak Maret

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X