Peringati Hari Lahir Pancasila di Tengah Pandemi, Jokowi: Corona Menguji Daya Juang dan Pengorbanan

- 1 Juni 2020, 11:23 WIB
Presiden Joko Widodo.* /ANTARA/

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan rasa persatuan, kepedulian, gotong royong, dan persaudaraan masyarakat saat bangsa menghadapi ujian pandemi Covid-19.

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila melalui telekonferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor pada Senin, 1 Juni 2020, Jokowi mengatakan, pandemi virus corona Covid-19 telah menguji daya juang, pengorbanan, kedisplinan, kepatuhan, dan ketenangan dalam mengambil kebijakan yang tepat dan cepat di masa-masa sulit.

"Dalam menghadapi ujian tersebut, Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semua, menggerakkan persatuan, menggerakkan kepedulian kita semua untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan, menggerakkan kegotongroyongan," ujarnya.

Baca Juga: New Normal di Kota Tasik Berlaku Besok, 2 Juni 2020, Warga Cipedes Minta Dibarengi Ketegasan Aparat

Peringatan tersebut dihadiri pula Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri.

loading...

Tak hanya itu, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju juga tampak hadir memperingati.

Dilansir Antara, Presiden mengatakan bahwa nilai-nilai Pancasila menjadi semangat untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang bangsa dalam menghadapi seluruh kesulitan dan tantangan.

Baca Juga: 14 Fenomena Langit yang akan Terjadi pada Juni 2020, Salah Satunya Adalah Bulan Stroberi

Maka dari itu, Presiden Jokowi sebagai Kepala Negara mengingatkan, sudah sepatutnya nilai-nilai luhur Pancasila harus senantiasa selalu dihadirkan pada kehidupan bermasyarakat dalam setiap tatanan yang ada.

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X