Protokol Kesehatan Covid-19 Kini Makin Lengkap, KPPPA Luncurkan Panduan Khusus Perlindungan Anak

- 28 Mei 2020, 14:34 WIB
ILUSTRASI covid-19 atau virus corona yang bermutasi.*

PIKIRAN RAKYAT – Merespons adanya wabah Covid-19 yang terus merajalela ke berbagi daerah di Indonesia, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) meluncurkan sebuah panduan.

Panduan tersebut yaitu "Panduan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dalam Pandemi Covid-19" sebagai petunjuk teknis bagi para pegiat PATBM di lapangan.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari situs Antara, panduan yang diluncurkan oleh KPPPA merujuk khusus sasaran terhadap anak-anak.

Baca Juga: Rekomendasi Serial Netflix Original Tayang Juni 2020 untuk Temani Bekerja di Rumah

"Semoga panduan ini bisa melengkapi instrumen dan protokol yang sudah disiapkan KPPPA bersama kementerian/lembaga lain dan beberapa organisasi pelindungan anak," kata Deputi Perlindungan Anak KPPPA Nahar dalam sebuah seminar daring yang diikuti dari Jakarta, Kamis.

Nahar mengatakan "Panduan PATBM dalam Pandemi Covid-19" tersebut berkaitan dengan beberapa program KPPPA khususnya Bersama Jaga Keluarga Kita (Berjarak).

Dengan adanya panduan tersebut, Nahar berharap para pegiat PATBM dan pegiat pelindungan anak lainnya bisa aktif menjadi bagian dalam tugas-tugas kerelawanan di tingkat desa atau kelurahan dalam upaya percepatan penanganan Covid-19, khususnya yang berkaitan dengan pelindungan anak.

Baca Juga: Tiga Petugas Puskesmas di Kota Tasikmalaya Positif Covid-19 Hasil Rapid Test, Total Positif 50 Kasus

"Panduan PATBM dalam Pandemi Covid-19" disusun KPPPA bersama Wahana Visi Indonesia, salah satu lembaga masyarakat yang bergerak di bidang pelindungan anak.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X