Jangan Lewatkan, Petang Ini Kemenag RI akan Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1441 H

- 22 Mei 2020, 09:35 WIB
Ilustrasi rukyatul hilal. /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT – Penentuan 1 Syawal 1441 Hijriyah akan dilaksanakan Kementrian Agama (Kemenag) petang ini, Jumat 22 Mei 2020.

Penentuan tersebut digelar dalam bentuk Sidang Isbat yang bertujuan untuk peringati perayaan hari raya Idulfitri tahun 2020 Masehi.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Bandara Soetta Disebut Berbisnis Rapid Test untuk Penumpang Keberangkatan?

Diklansir oleh PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari sistus Antara, Kemenag yang dipantau dari Jakarta, Jumat ini, sidang tersebut membatasi jumlah hadirin dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Menteri Agama Fachrul Razi dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat. Terdapat tiga sesi sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 H oleh anggota tim Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya sebelum Maghrib.

Setelah Maghrib, sidang Isbat dibuka Menag Fachrul dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Berbulan-bulan Terpisah, Seorang Pria Ciptakan 'Tirai Peluk' untuk Lepas Rindu pada Sang Nenek

Sesi terakhir, pengumuman hasil sidang isbat yang diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming media sosial Kemenag.

Hasil sidang isbat akan memutuskan jika bulan baru atau hilal nampak dua derajat di atas ufuk dengan mata telanjang maka Lebaran akan jatuh pada Sabtu 23 Mei 2020 atau puasa berlangsung selama 29 hari.

Baca Juga: Ogah Diisolasi ke Wisma Atlet, Pasien Positif Covid-19 yang Nekat Mudik ke Tasikmalaya Dievakuasi

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X