Cek Fakta: Hoaks Pemerintah Gaet Tenaga Medis Tiongkok Guna Tangani Pasien Covid-19 di Indonesia

- 28 Maret 2020, 14:30 WIB
ILUSTRASI pekerja medis.* /ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pras.

PIKIRAN RAKYAT - Jumlah kasus positif corona terus bertambah. Belakangan penambahan kasus per hari selalu di atas 100 orang. Membuat tenaga medis kewalahan, belum lagi minimnya alat pelindung diri (APD) yang tersedia.  

Para tenaga medis baik dokter, perawat, maupun penyuluh berada di garda terdepan berisiko terpapar Covid-19, sehingga menyebabkan populasi mereka semakin terbatas. 

Melihat angka terinfeksi lebih dari 1000 orang di Indonesia, Kementerian BUMN membuka rekrutmen bagi masyarakat menjadi volunteer untuk tenaga medis dan nonmedis dalam memerangi virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Lakukan Sterilisasi Perbatasan, Simak SOP yang Dikeluarkan Pemkab Sukabumi

Dengan adanya keterbatasan tenaga medis, baru-baru ini beredar kabar menyebut Indonesia mendatangkan tenaga medis dari Tiongkok untuk membantu menangani Covid-19, menyusul jumlah tenaga medis di Indonesia sudah merasa kewalahan. 

Hal ini berkaitan dengan klaim keberhasilan tenaga medis Tiongkok memutus rantai penyebaran Covid-19, sehingga pergerakannya semakin melambat. 

Kabar beredar melalui akun Twitter @ANDINI_MAHARANI1, mengunggah sebuah video yang diklaim merupakan tenaga medis asal Tiongkok, didatangkan guna membantu menangani pasien Covid-19 di Indonesia. 

Dalam video tersebut terlihat orang-orang yang berpakaian APD lengkap di terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta. Adapun narasi yang mengikuti dalam postingan itu.

Baca Juga: Warga Tasikmalaya Khawatir Penyebaran Covid-19, Ratusan Buruh PT KAI Dipulangkan 

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X