Kenangan Manis Para Tetangga soal Ibunda Presiden Jokowi: Dari Pilkada, Senam, hingga Mengaji

- 26 Maret 2020, 15:55 WIB
Ibunda Presiden Jokowi /dok.instagram.com/jokowi

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah usaha kerasnya menghentikan penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia, Presiden Joko Widodo harus menghadapi cobaan lain dengan kehilangan wanita istimewa dan ahli ibadah, yaitu sang ibunda Sudjiatmi Notomiharjo.

Wanita yang akrab disapa Eyang Noto ini meninggal karena penyakit kanker yang diderita selama empat tahun terakhir. Beliau meninggal pada usia 77 tahun di Rumah Sakit Slamet Riyadi Solo pada Rabu 25 Maret pukul 16.45 WIB.

Mengenai pribadi ibu empat anak tersebut, Guru Mengaji Jokowi KH Abdul Karim yang juga akrab disapa Gus Karim mengenangnya sebagai wanita istimewa yang sangat mencintai dan mendukung putera-puterinya.

Baca Juga: Kabar Gembira dari Wuhan: Covid-19 Reda, Stasiun Kereta Kembali Dibuka

"Di mata saya, eyang merupakan wanita dengan kualitas sempurna. Dari (presiden pertama) Pak Karno hingga Pak Jokowi, artinya beliau merupakan wanita istimewa ketujuh karena melahirkan presiden," katanya.

loading...

Selain itu, nenek sembilan cucu ini juga tidak pernah lupa "nirakati" atau menjalani tirakat untuk keberhasilan keluarganya, terutama putera-puterinya. Gus Karim yang juga cukup dekat dengan Sudjiatmi mengatakan wanita tersebut merupakan ahli puasa, dzikir, dan tahajud.

"Bahkan selalu ramah kepada siapapun dan ini dihadiahkan kepada anak-anaknya. Masyarakat juga cukup dekat dengan beliau karena sering berinteraksi dengan masyarakat salah satunya melalui kegiatan pengajian," katanya dilansir Kantor Berita Antara.

Baca Juga: Cerita Pramono Anung Dampingi Jokowi Pulang ke Solo, Masih Ingat Virus Corona walau Berduka

Oleh karena itu, ia mengaku bangga saat tadi malam diminta langsung oleh Jokowi untuk mengimami shalat jenazah sang ibu.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X