Cek Fakta: Hoaks Habib Rizieq Berhasil Galang Dana Rp 500 Miliar untuk Lawan Corona

- 25 Maret 2020, 12:12 WIB
HABIB Rizieq Shihab.*

PIKIRAN RAKYAT - Maraknya penyebaran virus corona yang begitu masif, membuat sejumlah orang baik artis, influencer maupun tokoh agama berbondong-bondong turun tangan untuk membantu menaggulangi wabah Covid-19.

Beberapa diantaranya membuka penggalangan dana yang hasilnya ditujukan untuk petugas kesehatan serta masyarakat yang kurang mampu, mengingat virus ini bukan hanya mengancam kesehatan namun juga perekonomian masyarakat.

Sebagaimana diketahui, artis kenamaan Nikita Mirzani telah lebih dulu menyumbang 100 juta rupiah dari kantong pribadinya, menyusul Baim Wong dan Rachel Venya yang berdonasi hingga miliyaran melalui penggalangan dana.

Baca Juga: Permintaan Sedan Bekas Taksi di Platform Online Melonjak Naik

Banyaknya pesohor Indonesia menunjukan kepeduliaanya terhadap dampak wabah virus ini, baru-baru ini beredar artikel menyebut seorang tokoh agama terkenal Habieb Rizieq berhasil menggalang dana Rp 500 Miliyar setara dengan dana yang juga disumbangkan oleh Jack Ma yang merupakan CEO Alibaba dan orang terkaya kedua didunia.

loading...

Kabar yang beredar melalui unggahan akun Facebook Ca Met, menampilkan sebuah artikel salah satu media online Indonesia berjudul 'Selain Jack Ma, Habib Rizieq Galang Dana Rp 500 M Lawan Corona'.

Artikel yang dimuat pada 19 Maret 2020 pukul 20.51 WIB itu, diiringi dengan narasi yang ditulis oleh akun Facebook Ca Met pada 22 Maret 2020 pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Akibat Wabah Covid-19 Okupansi Hotel di Yogyakarta Merosot Turun

"Masha Allah, IB HRS Sumbang Dana Untuk Pandemi Corona," dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari tangkapan layar Facebook Ca Met.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X