1.000 Unit Bilik Sterilisasi akan Dipasang Dompet Dhuafa di Jabodetabek

- 25 Maret 2020, 07:53 WIB
ILUSTRASI bilik sterilisasi.*
ILUSTRASI bilik sterilisasi.* /Pemkot Surabaya/


PIKIRAN RAKYAT - Lembaga filantropi Dompet Dhuafa akan memasang 1.000 unit body chamber atau bilik sterilisasi wabah Covid-19 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Hal tersebut dilakukan guna mencegah kemungkinan penularan wabah oleh virus SARS-CoV-2.

“Seribu unit ini akan disebar ke seluruh fasilitas umum di Jabodetabek," kata General Manager Remo Dompet Dhuafa Doni Marlan yang dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari Antara.

Baca Juga: Kehabisan APD, Petugas Gunakan Jas Hujan saat Antar PDP Covid-19 yang Meninggal ke Karangnunggal

Ia mengatakan bilik sterilisasi tersebut dapat digunakan oleh masyarakat umum, baik pengguna moda transportasi maupun pejalan kaki.

Fungsinya adalah untuk menyeterilkan seluruh badan dari kuman, bakteri dan virus yang mungkin menempel di tubuh.

Kandungan bahan cairan antiseptik yang digunakan untuk sterilisasi di bilik tersebut berbeda dengan cairan disiinfektan yang disemprotkan ke fasilitas publik.

"Kalau yang ini kandungannya seperti yang digunakan untuk hand sanitizer, sehingga dijamin aman untuk publik dalam menggunakan bilik sterilisasi," ujarnya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Tasikmalaya, Rabu 25 Maret 2020: Jatiwaras dan Purbaratu Hujan Ringan dari Siang

Ia mengatakan animo masyarakat maupun donatur sangat tinggi terhadap kinerja tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dengan pembuatan bilik sterilisasi tersebut.

Ia berharap masyarakat dapat merawat dan menjaga alat tersebut agar dapat digunakan dalam jangka panjang.

Selain bertujuan untuk menyeterilkan masyarakat dari kemungkinan penyebaran, pembuatan bilik itu juga dilakukan untuk memberdayakan bengkel las listrik agar memperoleh pendapatan di tengah lesunya perekonomian akibat dampak wabah Covid-19.

Baca Juga: Italia Genting Corona, Kesulitan Demi Kesulitan Terus Dihadapi

Bilik sterilisasi tersebut akan dipasang di tiga area, yaitu Polda Metro Jaya sebanyak dua titik, pintu masuk Pasaraya Blok M sebanyak satu titik dan Kantor Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) satu titik.

Selain pemasangan bilik sterilisasi, Dompet Dhuafa juga merespons cepat perihal wabah Covid-19 dengan mendirikan pusat informasi atau Corona Center dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa di nomor 0811 16 17 101.

Selain itu, Dompet Dhuafa juga telah menyiapkan unit khusus dan program-program pengendalian kasus Covid-19 dengan melibatkan Rumah Sakit Dompet Dhuafa.***

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x