Cek Fakta: Beredar Foto Ratusan Warga Tiongkok Berbondong Tinggalkan Indonesia karena Virus Corona, Faktanya Berbeda

- 23 Maret 2020, 11:21 WIB
Mafindo /

PIKIRAN RAKYAT- Berbagai kebijakan pemerintah diberlakukan sejak kemunculan virus corona pertama di Indonesia pada 2 Maret 2020 lalu. Kini Jokowi mulai terapkan rapid test guna deteksi dini risiko terinfeksi virus corona.

Rapid test dimulai dengan pengambilan sampel darah mereka yang dikategorikan berisiko terjangkit. Jika lantas hasilnya berpotensi Covid-19, maka yang bersangkutan akan diminta mengisolasikan diri.

Berkenaan dengan beragam langkah pemerintah memerangi virus corona, baru-baru ini tersiar kabar bahwa warga negara Asing Tiongkok berbondong-bodong pergi meninggalkan Indonesia, usai mengetahui keadaan genting virus corona disini.

Baca Juga: Gara-gara Virus Corona, Separuh Klub Sepak Bola Prancis Bisa Bangkrut dalam Enam Bulan

Kabar yang dimuat akun Facebook Maura Tia  memperlihatkan sejumlah TKA menggunkan masker beramai-ramai memadati bandara.

loading...

Para TKA ini disebut akan melakukan penerbangan ke Australia. Postingan tersebut mendapat 216 komentar dan 408 kali dibagikan lengkap dengan narasi yang mengikutinya.

"“Ratusan warga china yang Menetap di Indonesia tadi Pagi meninggalkan Indonesia Menuju Singapura karena situasi virus Corona yang menyerang Indonesia Mereka akan Kembali lagi jika situasi Di Indonesia Kembali normal,” unggah akun Facebook Maura Tria pada Minggu, 22 Maret 2020.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Presiden Rusia Sebar Ratusan Singa di Jalanan agar Warganya Tetap di Rumah? Tinjau Kebenarannya

Namun setelah dilakukan penelusuran tim cek fakta Masyarakat Anti Hoaks Indonesia (MAFINDO) terkait klaim TKA berbondong-bondong meninggalkan Indonesia karena situasi genting virus corona, dapat dipastikan hoaks atau bohong.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Mafindo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X