Tak Bisa Berangkat setelah Arab Saudi Hentikan Layanan Umrah, Calon Jemaah Menumpuk di Bandara Soekarno Hatta

- 28 Februari 2020, 13:33 WIB
ILUSTRASI. Para penumpang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.*/ANTARA Pikiran Rakyat

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Arab Saudi telah menangguhkan semenentara pelayanan umrah bagi warga negara luar kerajaan dalam upaya mencegah virus corona baru.

Dengan adanya kebijakan tersebut, pihak pemerintah Indonesia menghargai keputusan itu.

Namun, mengingat banyaknya peminat ibadah haji dan umrah, Kementerian Luar Negeri, Retno Marsudi akan terus berupaya melakukan negosiasi.

Baca Juga: Kasus Anak Dibunuh Bapak karena Minta Uang Study Tour, Kadisdik Tasikmalaya Langsung Evaluasi : Tak Harus ke Luar Kota

Selain itu, warga negara Indonesia di sana masih ada yang melakukan ibadah umrah, sehingga Retno akan meminta kebijaksanaa terhadap pemerintah Arab Saudi.

loading...

Kebijakan untuk menangguhkan sementara pelayanan umrah, tentunya memberikan banyak dampak bagi warga Indonesia, pasalnya setiap tahunya grafik pemberangkatan haji dan umrah selalu mengalami peningkatan.

Dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari Kantor Berita Antara, Kamis, 27 Februari 2020, terjadi penumpukan calon jemaah umrah di Bandara Soekarno Hatta.

Baca Juga: Ketika Ganjar Pranowo Bercengkerama hingga Akrab dengan Anak Pengidap Down Syndrome: Suka Bola? Ayo Tos Dulu

Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umroh dan Haji (SAPUHI) Syam Resfiadi, melaporkan jemaah umrah Indonesia per pukul 12.00 WIB kemarin, sudah tidak bisa terbang ke Arab Saudi. Mereka kini tertahan di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tanggerang.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X