Viral Pemuda Purworejo Ciptakan Robot untuk Bantu Ibunya Berjualan, Ternyata Pakai Komponen Sederhana

- 19 Februari 2020, 18:48 WIB
Tangkapan layar video robot penuang adonan telur.*

PIKIRAN RAKYAT- Seorang pemuda 18 tahun asal Purworejo, Jawa Tengah membuat sebuah robot yang diberinama egg filling robot untuk membantu ibunya berjualan.

Pemuda bernama Agung Budi Wibowo merupakan siswa lulusan SMK jurusan teknik kendaraan ringan itu, membuat robot dengan alasannya untuk membantu sang ibu berjualan.

Karena selama ini sang ibu memiliki kelainan di bagian mata, sehinga ia kesusahan menuangkan adonan telur ke loyang.

Baca Juga: 110 dari 112 Sampel WNI Terduga Virus Corona Dinyatakan Negatif

Praptining Utami, ibunda Agung yang berusia 55 tahun mengungkapkan bahwa semenjak ada alat tersebut, dagangannya menjadi laris serta ia juga tidak merasakan kelelalahan lagi ketika berjualan.

Agung mengatakan bahwa kegiatanya membuat robot selama ini, karena hasil belajarnya secara otodidak dari Youtube, dan ia pun menyebutkan mencipatkan sebuah alat adalah kebahagiaanya.

Bermodalkan Rp 1,5 juta, Agung berhasil menyulap akrilik menjadi komponen casing sehingga menjadi sebuah robot yang berguna untuk ibunya berjualan.

Baca Juga: 2020, Menteri Kesehatan Fokus Laksanakan 4 Arahan Presiden Jokowi

"Komponen casing-nya dari akrilik motor, penggerak lengan robot pakai motor servo pompa, selang dan microcontroller untuk megatur pergerakan robotnya," kata Agung kepada PikiranRakyat-Tasikmalaya.com melalui pesan Instagram.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X